Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Masa Depan Bangsa, Generasi Muda Harus Ambil Peran dalam Forum G20 dan Y20

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 06 November 2022, 19:09 WIB
Jadi Masa Depan Bangsa, Generasi Muda Harus Ambil Peran dalam Forum G20 dan Y20
Rangkaian forum G20 di bawah presidensi Indonesia/Net
rmol news logo Generasi muda perlu mengambil peran dan memanfaatkan Presidensi G20 Indonesia, khususnya menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang akan dilaksanakan di Bali pada 15-16 November mendatang.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Dr. Dwini Handayani mengajak generasi milenial untuk ikut menyukseskan Presidensi G20 Indonesia dengan mengadakan forum konsultasi resmi Y20 untuk para anak muda.

Hal ini penting lantaran KTT G20 akan mengusung berbagai isu strategis, termasuk arsitektur kesehatan, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi berkelanjutan sebagai tiga agenda utama.

Terlebih berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah penduduk Indonesia tahun 2022 per 30 Juni sebanyak sebanyak 275 juta jiwa dengan penduduk usia produktif sebanyak 190 juta jiwa. Sehingga, sebanyak 69,30 persen dari usia produktif mendominasi jumlah keseluruhan penduduk.

Jumlah tersebut tentu menjadi bonus demografi yang membawa potensi pertumbuhan ekonomi ketika proporsi usia kerja lebih besar dibandingkan dengan proporsi bukan usia kerja.

“Kaum muda dapat menyukseskan G20 dengan ikut mempelajari kiprah Indonesia di G20 serta ikut berpartisipasi aktif dalam mendiskusikan dalam forum yang sudah disediakan," ujar Dwini.

Ia mengatakan, generasi muda dapat berperan dalam menginformasikan tujuan dan manfaat forum internasional G20 dan Y20 kepada masyarakat. Pasalnya keterlibatan dan pemahaman masyarakat tentang Presidensi G20 Indonesia bisa mendukung kesuksesan penyelenggaraan forum internasional tersebut.

Hal senada juga diutarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Ia mengatakan generasi muda harus mengetahui dan mengenali isu-isu terkini yang ada di tengah masyakarat sebagai masa depan bangsa.

“Generasi muda harus tahu dan berkontribusi akan manfaat presidensi G20. Kemajuan suatu bangsa yang menentukan adalah generasi mudanya,” ucap Muhadjir.

Lebih lanjut, Muhadjir berharap generasi muda Indonesia ikut berpartisipasi aktif dalam mendiskusikan gagasan dalam forum yang sudah disediakan terutama di Y20 maupun G20 nanti.

Adapun forum Y20 merupakan bentuk diplomasi pemuda Indonesia yang digawangi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA