Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

900 Orang Warga Jateng Antre Haji, Waktu Tunggu Capai 31 Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 03 November 2022, 17:35 WIB
900 Orang Warga Jateng Antre Haji, Waktu Tunggu Capai 31 Tahun
Ilustrasi haji/Net
rmol news logo Warga Jawa Tengah yang ingin melaksanakan ibadah haji harus punya kesabaran yang besar. Pasalnya, waktu tunggu di provinsi ini mencapai 31 tahun.

"Masih ada sekitar 900 ribu orang yang mengantre," terang Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, di Semarang, Kamis (3/11).

Bahkan, kalau masih menggunakan skema pemberangkatan haji tahun ini yang hanya 48 persen dari kuota normal, maka masa tunggunya mencapai 50 tahun.

Lanjut Ahmad, pada tahun ini jumlah jemaah haji yang diberangkatkan dari Asrama Haji Donohudan mencapai 15.480 orang. Jumlah tersebut belum 100 persen sesuai kuota normal.

"Sebelum Covid pada 2019 lalu yang diberangkatkan dari Jawa Tengah ini bisa sampai 33 ribu orang," ungkapnya.

Ia pun berharap kuota haji selanjutnya bisa kembali normal. Bahkan bisa lebih banyak kalau Pemerintah Arab Saudi menambah kuota hajinya.

Sementara itu, anggota Komisi VIII DPR, Abdul Wachid, menyebut kuota haji yang diperoleh Indonesia selama ini sekitar 220 ribu jemaah per tahun.

Menurut dia, jika kuota haji tersebut ditambah oleh Pemerintah Arab Saudi, maka hal tersebut harus disambut dengan menyiapkan berbagai prasarana pendukungnya.

"Kalau kuotanya ditambah dua kali lipat, maka asrama haji dan bandara Solo tidak akan mumpuni," jelasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA