Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Libatkan Aparat, Pemkot Jakpus Monitor Pengawasan Obat Sirup di Apotek

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Sabtu, 29 Oktober 2022, 03:52 WIB
Libatkan Aparat, Pemkot Jakpus Monitor Pengawasan Obat Sirup di Apotek
Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan monitoring ke sejumlah apotek/Ist
rmol news logo Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah merilis lima produk obat sirup dengan kandungan cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi ambang batas aman.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menyikapi hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan monitoring ke sejumlah apotek.

"Alhamdulillah apotek sudah melakukan penarikan beberapa jenis obat yang tidak direkomendasikan," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJakarta, Jumat (28/10).

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari mengaku telah rutin melakukan pengawasan apotek bekerja sama dengan BPOM di wilayah Jakarta Pusat.

"Sudin telah melakukan pengawasan dengan melibatkan aparat di tingkat wilayah, dan juga kita melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan. Karena kalau kita sehat, kita tidak perlu mengkonsumsi obat," jelasnya.

Risma mengungkapkan, pengawasan toko obat dan apotek memang selalu dilakukan Sudin Kesehatan ada atau tidak ada kasus Acute Kidney Injury (AKI).

"Kita melakukan pengawasan di 214 apotik se-Jakarta Pusat yang dilakukan secara bergantian setiap hari," tutupnya.

BPOM merilis lima obat sirup yang dipastikan mengandung Etilen Glikol (EG). Nama lima obat sirup yang tercemar dengan Etilen Glikol (EG) ini dirilis BPOM, setelah melakukan sampling dan pengujian terhadap 39 bets dari 26 sirup obat sampai Rabu (19/10).

Berikut lima obat sirup yang mengandung Etilen Glikol (EG):

1. Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik ukuran 60 ml.

3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik ukuran 60 ml.

4. Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol ukuran 60 ml.

5. Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol ukuran 15 ml. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA