Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Antar Taruna Kemenhub Saling Pukul usai Acara Wisuda di Monas

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 26 Oktober 2022, 22:32 WIB
Antar Taruna Kemenhub Saling Pukul usai Acara Wisuda di Monas
Saling pukul taruna Kemenhub usai acara wisuda di Monas/Repro
Media Sosial dihebohkan dengan video diduga perkelahian antar Taruna Kementerian yang terjadi di Lapangan Monumen Nasional (Monas) pada Selasa (25/10).

Dalam unggahan di akun instagram @merekamjakarta terlihat kelompok taruna yang menggunakan pakaian serba berwana putih diserang oleh sekelompok taruna yang menggunakan pakaian berwarna coklat muda.

Rupanya kejadian itu terjadi setelah adanya acara Wisuda Terpadu Perwira Transportasi (Wispa) di Lapangan Silang Monas.

"Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan (BPSDMP) menyesalkan terjadinya insiden keributan antara beberapa taruna setelah acara Pelantikan Terpadu Perwira Transportasi Tahun 2022 di Monas, hari Selasa 25 Oktober 2022," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (26/10).

Untuk langkah lebih lanjut, Adita menyebut pihaknya langsung mengumpuljan data dan informasi dari para taruna dan pengasuh. Hasilnya, insiden yang terjadi bersifat perorangan bukan atas nama sekolah.

Kini, BPSDMP telah melakukan mediasi dan menyelesaikan permasalahan dimaksud sambil terus melakukan pendalaman-pendalaman untuk mencari penyebab yang memicu insiden dimaksud. Bila terbukti bersalah, pihak-pihak yang melakukan keributan atau bahkan melakukan kekerasan fisik akan diberi sanksi.

"Sesuai dengan tata tertib taruna pada sekolah BPSDMP, taruna dilarang melakukan kekerasan ataupun terlibat perkelahian. Kepala BPSDMP telah memerintahkan  untuk memberikan sanksi bagi yang terbukti melanggar. Kepala BPSDMP juga meminta sekolah untuk mengawasi secara ketat kegiatan taruna agar kejadian tersebut tidak meluas," kata Adita.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA