Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pagi Ini, 20 RT di Jakarta Kebanjiran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 26 Oktober 2022, 08:52 WIB
Pagi Ini, 20 RT di Jakarta Kebanjiran
Ilustrasi banjir Jakarta/Net
rmol news logo Sebanyak 20 Rukun Tetangga (RT) di DKI Jakarta terendam banjir pada Rabu pagi (26/10).

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, jumlah tersebut terhitung pada Rabu pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 12 RT, saat ini menjadi 20 RT atau 0,066 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala BPBD Jakarta, Isnawa Adji.

Banjir tersebut diakibatkan naiknya status siaga Bendungan Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Depok Siaga 3 (Waspada), dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 ( Waspada ) yang membuat aliran Kali Ciliwung meluap.

Di Jakarta Selatan, terdapat 1 RT yang terendam banjir, yakni di Kelurahan Rawajati dengan ketinggian air mencapai 45 cm.

Kemudian di Jakarta Timur ada 19 RT terendam banjir, yakni di kelurahan Cililitan ada 1 RT kebanjiran dengan tinggi air 80 cm, Kelurahan Cawang ada 7 RT dengan ketinggian 40 sampai dengan 120 cm, lalu Kelurahan Kampung Melayu sebanyak 6 RT dengan ketinggian air 50 sampai dengan 80 cm, dan Kelurahan Bidara Cina sebanyak 5 RT dengan ketinggian air 50 cm.

Untuk mengantisipasi banjir di wilayah lainnya, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

Di sisi lain, masih dalam cuaca yang tak menentu, BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," kata Isnawa. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA