Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gagal Terpilih, Calon Kades Bulusari Laporkan Politik Uang Rivalnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 26 Oktober 2022, 03:59 WIB
Gagal Terpilih, Calon Kades Bulusari Laporkan Politik Uang Rivalnya
Calon Kades Bulusari saat konfrensi pers/RMOLJateng
rmol news logo Calon Kepala Desa Bulusari, Kecamatan Sayung,  nomor urut 2, Khoiron, melaporkan dugaan politik uang yang dilalukan Tim Pemenangan Kades Nomor 1, Mat Sakir, ke Polres Demak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Laporan tersebut masih dalam proses aduan dengan meminta klarifikasi terlapor. Calon Kepala Desa Bulusari Nomor 02, Khoiron, mengatakan, ditempuhnya jalur hukum lantaran pihaknya merasa dirugikan dan berpengaruh pada hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Bulusari, Minggu lalu (16/10).

"Kami ambil jalur hukum dengan melaporkan Mat Sakir dan Tim Suksesnya, dengan melampirkan sejumlah alat bukti, seperti foto, video dan keterangan warga yang menerima amplop," ujar Khoiron, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Selasa (25/10/2022).

Khoiron menambahkan, pihaknya merasa dirugikan dengan adanya aksi bagi-bagi uang yang diduga dilakukan oleh Tim Sukses Mat Sakir, yang juga merupakan anggota DPRD Demak.

"Jelas itu berpengaruh dengan hasil perolehan suara Pilkades Bulusari. Dengan adanya bukti-bukti pelanggaran tersebut, Kami yakin hasil Pilkades dapat gugur," tambah Khoiron.

Sementara itu, Kuasa Hukum Khoiron, Fatkhul Mu'in, menegaskan bahwa kliennya terpilih sebagai kades sudah sesuai Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2015 pasal 37 ayat 1.

"Bahwa bagi-bagi uang dalam Pilkades itu sebuah pelanggaran yang hukumannya pelaku diproses secara hukum sampai putusan dan pembatalan hasil pilkades tersebut," kata Mu'in.

Selain itu, Mu'in menambahkan, aksi bagi-bagi uang dilakukan di depan masyarakat umum.

"Bagi-bagi uang itu dipertontonkan di khalayak umum dan banyak saksinya. Itu jelas sebuah pelanggaran yang nyata. Kami juga punya video Money Politik Masif, dimana Tim Sukses menyiapkan uang di atas meja dan mengatakan untuk 'tempur'," tambah Kuasa Hukum Khoiron.

Hingga saat ini, Khoiron bersama kuasa hukumnya, mendesak agar laporan pelanggaran yang dilakukan Calon Kades Bulusari, Mat Sakir, diproses cepat. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA