Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakai Dana APBD Rp 9,9 M, Saringan Sampah di Cawang dan Kramat Jati Rampung Akhir Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 04 Oktober 2022, 23:51 WIB
Pakai Dana APBD Rp 9,9 M, Saringan Sampah di Cawang dan Kramat Jati Rampung Akhir Tahun
Saringan sampah yang dibangun oleh Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur/RMOLJakarta
rmol news logo Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur tengah membangun dua rotary screen atau saringan sampah di dua lokasi berbeda, yakni pintu air Cawang Wika dan pintu air Kramat Jati di Jl Dato Tonggara. Proses pembangunan sudah mencapai 50 persen dan ditargetkan rampung pada Desember mendatang.

Kasudin SDA Kota Jakarta Timur, Wawan Kurniawan mengatakan, dua rotary screen ini dibangun untuk mengatasi volume sampah saat hujan deras atau ada banjir kiriman dari Depok, Jawa Barat, yang masuk ke wilayah Jakarta Timur.

“Pembuatan saringan sampah ini sudah dikerjakan sejak 19 Juli  dan targetnya pada akhir November mendatang tuntas. Saat ini, progresnya sekitar 50 persen dan di lapangan sedang dilakukan pembuatan dudukan saringan sampahnya," kata Wawan, Selasa (4/10).

Rotary Screen di saluran Phb (penghubung) Cawang Wika untuk menjaring sampah agar tidak masuk ke kali Cipinang. Begitu juga pintu air Dato Tonggara Kramat Jati, untuk membersihkan sampah yang terbawa arus di Kali Cipinang.

Nilai kontrak dua alat penyaring sampah ini mencapai Rp 9,9 miliar dari APBD 2022. Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Sarana Sudin SDA Jakarta Timur, Ikhwan Maulani, proyek rotary screen itu lebih tinggi nilai anggarannya pada mekaniknya, atau mesin penyaring sampahnya.

"Kalau rotary screen-nya masih dalam proses perakitan di workshop. Sedangkan, di lokasi pemasangan masih dalam proses pembangunan, yakni pembuatan dudukan rotary,” terang Ikhwan.

Sistem kerja rotary screen yakni menjaring semua sampah yang mengalir di sungai lalu kemudian diangkat ke atas permukaan air melalui konveyor, untuk dibawa menuju bak sampah yang disiapkan di pinggir kali. Sistem kerja rotary screen, mirip seperti kincir air.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA