Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Bali, UI Jadi Tuan Rumah Kongres Komunitas Bioteknologi Asia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 04 Oktober 2022, 08:53 WIB
Di Bali, UI Jadi Tuan Rumah Kongres Komunitas Bioteknologi Asia
Pembukaan 5th Asian Congress on Biotechnology (ACB) 2022 di Bali pada 3 hingga 5 Oktober 2022/Net
rmol news logo Pandemi Covid-19 telah menyadarkan kita tentang pentingnya berkolaborasi. Dalam hal ini, bioteknologi menjadi bidang yang sangat diperlukan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Untuk itu, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menjadi tuan rumah Kongres Komunitas Bioteknologi Asia atau 5th Asian Congress on Biotechnology (ACB) 2022 pada 3 hingga 5 Oktober 2022. Kongres ini juga digelar bersama dengan symposium internasional tahunan FTUI, the 7th International Symposium on Biomedical Engineering (ISBE).  

Kongres sendiri dilaksanakan setelah tiga tahun vakum karena pandemi. Selama kongres, 294 makalah dari 909 peserta yang berasal dari 17 negara dipresentasikan.

Sebanyak 61 orang pembicara dari 18 negara juga turut berbagi pengalaman dan pengetahuan pada 50 sesi yang diselenggarakan secara hibrid di Bali.

Delegasi dari 19 negara berkumpul di Bali untuk membahas perkembangan bioteknologi, dengan tujuan mendukung pemulihan masyarakat dunia, khususnya Asia, yang terdampak pandemi Covid-19.

Terdapat 15 topik yang menjadi fokus, antara lain Bioteknologi Pertanian dan Pangan,  Mikrobiologi Terapan, Nanobioteknologi, Biosensor, dan Biochip, Bioproses dan Bioseparasi, Bioteknologi Lingkungan, Rekayasa Jaringan dan Biomaterial, hingga Bioenergi dan Biorefinery.

"Belajar dari pengalaman kita menghadapi pandemi Covid-19, kita dapat melihat betapa pentingnya kolaborasi antar negara terutama di bidang bioteknologi. Hal-hal seperti pengembangan rapid test, pengembangan vaksin dan lainnya, perlu dilakukan secara bersama untuk ke depannya dapat membantu pemulihan masa pandemi dan pasca pandemi. Hal ini sejalan dengan tema G20, Recover Together, Recover Stronger," ujar Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro dalam sambutannya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh FTUI bekerja sama dengan the Asian Federation of Biotechnology, the European Federation of Biotechnology, Indonesian Biotechnology Consortium, dan Universitas Udayana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA