Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kemenag akan Selenggarakan Festival Masjid Nasional 2022, Bagian dari Program Penguatan Moderasi Beragama

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 29 September 2022, 19:39 WIB
Kemenag akan Selenggarakan Festival Masjid Nasional 2022,  Bagian dari Program Penguatan Moderasi Beragama
Ilustrasi/Net
Indonesia akan menggelar Festival Masjid Nasional 2022 pada pertengah Nopember mendatang.  Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan festival ini dilaksanakan di Solo dan bertujuan memperkenalkan dan memperkuat lagi peran masjid.  

Koordinator Fungsi Kepustakaan Islam Abdullah Alkholis, M.M. mengatakan, festival ini menjadi bagian dari program penguatan moderasi beragama di lingkungan masjid.

"Festival Masjid Nasional akan diselenggarakan pada 14-17 Nopember mendatang. Kegiatan ini baru pertama kali diadakan. Para peserta kegiatan ini terdiri dari iman masjid, takmir masjid dan remaja masjid," terang Abdullah Alkholis yang juga sebagai penggagas acara festival ini, dalam acara media briefing di Jakarta, Rabu (28/9).  

Demi suksesnya acara, seluruh personel terkait mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kebutuhan proses administrasinya yang masih terus disusun dan dimatangkan, termasuk menggelar diskusi Penyusunan Naskah Festival Masjid Nasional yang telah dilaksanakn pada Juli lalu.

Ia mengatakan harapannya bahwa dengan festival ini, peran masjid semakin kuat sebagai pusat perkembangan ekonomi umat, pusat kreativitas, dan pusat peningkatan literasi umat.

Festival Masjid Nasional akan dilaksanakan bersamaan dengan peresmian Masjid Muhammad Bin Zayed (MBZ) di  Solo. Masjid MBS  dirancang mirip dengan Grand Mosque di Abu Dhabi.

Peresmian akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Putra Mahkota Abu Dhabi.

Abdullah Alkholis sekali lagi mengulang harapannya bahwa festival ini akan menjadi kegiatan yang akan memperkuat kohesi sosial.  

Menurutnya, masid adalah pemersatu, bukan sebaliknya, menjadi pemecah belah.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA