Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Blusukan ke Pasar, Gubernur Khofifah Dapati Harga Komoditas Dijual di Bawah HET

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 27 September 2022, 04:39 WIB
Blusukan ke Pasar, Gubernur Khofifah Dapati Harga Komoditas Dijual di Bawah HET
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat blusukan di Pasar Soponyono, Surabaya/RMOLJatim
Harga komoditas kebutuhan pokok di Surabaya, Jawa Timur, dipastikan stabil. Bahkan, beberapa kebutuhan pokok dijual di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Dikatakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menjaga harga tetap stabil menjadi sangat penting. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi penurunan daya beli masyarakat.

"Karena itu menjadi modal kita untuk bisa membangun agar pulih lebih cepat bangkit lebih kuat," ujar Khofifah saat blusukan di Pasar Soponyono, Surabaya, seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJatim, Senin (26/9).

Khofifah mendapati harga komoditas yang dijual di bawah HET, seperti daging ayam rata-rata HET Rp 34 ribu per kg, tapi di Pasar Soponyono rata-rata Rp 32 ribu. Kemudian daging dengan kualitas paling bagus adalah Rp 115 ribu per kg.

Mantan Menteri Sosial RI itu berharap pengelola pasar-pasar bisa membangun komunikasi dan koordinasi sebaik mungkin. Hal itu penting dalam rangka menjaga agar harga bahan pokok di pasaran stabil.

Kata dia, bisa saja terjadi harga sebuah komoditas di pasar tertentu cukup stabil tetapi di pasar lainnya berbeda jauh. Sehingga kordinasi antar pengelola pasar menjadi penting.

"Kita juga mengkordinasikan untuk memetakan apa yang lebih efektif dilakukan oleh pemprov dan apa yang lebih efektif dilakukan oleh pemerintah kota dan kabupaten untuk bersama menjaga daya beli masyarakat sekaligus mengendalikan inflasi," demikian Khofifah.

ARTIKEL LAINNYA