Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fasilitasi Aktivitas Seni Budaya di TIM, Pemprov DKI Siapkan Dana Rp 28 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 27 September 2022, 02:20 WIB
Fasilitasi Aktivitas Seni Budaya di TIM, Pemprov DKI Siapkan Dana Rp 28 Miliar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/RMOLJakarta
rmol news logo Pemprov DKI Jakarta berencana mengalokasikan dana sebesar Rp 28 miliar untuk memfasilitasi kegiatan seni budaya di Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, dengan adanya dana tersebut pihak seni dan budaya bakal fokus memikirkan karya seni yang diciptakannya. Karena, negara turun tangan memfasilitasi kegiatan tersebut.

Hal itu, disampaikan Anies usai menghadiri dialog publik di Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (26/9).

"Pemerintah DKI Jakarta berkomitmen untuk membiayai aktivitas seni budaya di TIM ini, sehingga para seniman bisa memikirkan karya seninya. Adapun negara hadir dalam memberikan subsidi untuk pembiayaannya," kata Anies dikutip Kantor Berita RMOLJakarta.

Anies mengatakan, hingga akhir tahun ini para seniman tidak dikenakan biaya saat berkegiatan di TIM. Namun, akan dibentuk Dewan Penasehat sebagai sarana memelihara kawasan tersebut yang akan ditentukan oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ).

"Untuk menjaga kualitas standar, maka dari Dewan Kesenian Jakarta menentukan ada enam orang yang menjadi Dewan Penasehat. Mereka yang nanti akan melakukan kurasi, seleksi untuk siapa-siapa saja yang bisa tampil di tempat ini," kata Anies.

Kemudian, nantinya, Anies mengatakan, ada badan pengelola di bawah naungan PT Jakarta Propertindo atau Jakpro yang akan mengelola TIM.

"Badan pengelola ini diharapkan jadi sebuah BUMD khusus di bidang kebudayaan," kata Anies.

Diketahui, revitaliasi Pusat Kesenian Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat menelan anggaran mencapai Rp 1,4 triliun.

Maka dari itu, Anies berharap TIM dapat dimanfaatkan sebagai pusat kesenian yang dapat melampaui nilai investasi.

"Anggarannya Rp 1,4 triliun dan insyaAllah nanti bisa memberikan manfaat melampaui nilai investasi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA