Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ace Hasan: Ulama dan Ponpes adalah Pilar Utama bagi Partai Golkar

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 26 September 2022, 00:48 WIB
Ace Hasan: Ulama dan Ponpes adalah Pilar Utama bagi Partai Golkar
Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Tubagus Ace Hasan Syadzily/Ist
Ulama dan pondok pesantren adalah pilar utama bagi Partai Golkar. Dalam jejak rekam, Partai Golkar selalu mengedepankan aspirasi para ulama, kiai dan santri serta pondok pesantren untuk bersama-sama dalam membangun bangsa.

Begitu dikatakan Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Tubagus Ace Hasan Syadzily di Aula Siti Khodijah Pondok Pesantren Azzainiyyah, Kampung Nagrog Sinar Barokah, Selabintana Sukabumi.

"Tentu ada alasannya mengapa para kiai guru-guru mulia mengambil ijtihad politik di Partai Golkar, yakni karena berpolitik di Partai Golkar adalah cara atau jalan menuju kemaslahatan ummat,” kata Ace dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Ace menegaskan, pihaknya menempatkan para ulama, kiai, santri pada tempat terbaik untuk menjaga maqasid syariah dari perjalanan partai. Hal itu yang menjadi alasan kenapa Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) ada dan penting bagi Golkar termasuk di Jawa Barat.

“Kita tahu Jabar itu masyarakatnya sangat religius. Golkar Jabar selalu ditopang oleh para ulama termasuk ulama kharismatik seperti Abah Anom serta ulama-ulama lainnya. Kehadiran MDI harus menjadi jembatan untuk memelihara itu,” ujarnya.

Ace mengungkapkan, dakwah yang sesungguhnya adalah berpolitik di partai nasionalis seperti di Partai Golkar.

“Kalau dakwah di partai Islam kan biasa, di dalamnya sudah banyak yang mengerti dan paham keislaman, tapi di partai nasionalis kehadiran para pendakwah, ulama, santri akan selalu dibutuhkan untuk membimbing umat,” terangnya..

Ace menjelaskan pentingnya politik demi menciptakan kemaslahatan bersama. Ia menyitir kaidah dalam Ushul Fiqih yang berbunyi "Tasharruful imam ‘alar ra’iyyah manuthun bil maslahah" sebagai jalan politik yang selama ini dijadikan pedoman bagi Partai Golkar.

“Karya dalam bahasa agama adalah amal sholeh agar bisa memberikan kemaslahatan bagi yang lain. Golkar ada pada posisi itu, substansinya sangat religius,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Ace menyinggung perlunya mendukung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Presiden 2024 mendatang.

Menurutnya, sosok Airlangga itu sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan bangsa ini, yang dalam bahasa agama sebagai basṭatan fil 'ilmi wal-jism yakni berpengetahuan luas dan perkasa membawa bangsa ini pulih dari ancaman dan tekanan krisis global.

“Melalui MDI sampaikan kepada para ulama santri dan umat bahwa Airlangga adalah sosok yang dibutuhkan bangsa ini," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA