Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jakpro Siap Kolaborasi dengan PSSI Optimalkan Stadion JIS

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 14 September 2022, 17:32 WIB
Jakpro Siap Kolaborasi dengan PSSI Optimalkan Stadion JIS
Jakarta International Stadium/RMOLJakarta
PSSI mencuri perhatian usai menyebut Stadion Jakarta International Stadium (JIS) tak layak menggelar pertandingan FIFA match day Timnas Indonesia vs Curacao pada pada 27 September 2022.

Menjawab hal ini, PT Jakarta Propertindo alias Jakpro menyatakan siap berkolaborasi dengan PSSI dalam rangka optimalisasi Stadion JIS yang berada di Jakarta Utara.

Demikian yang disampaikan VP Corporate Secretary Jakpro, Syachrial Syarif, lewat keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJakarta, Rabu (14/9).

“Sehingga adanya JIS ini, kita bisa menjadi fokus meningkatkan prestasi sepak bola nasional. Tentunya semangat kolaborasi ini pernah kita tuangkan menjadi komitmen yang sempat ditandatangani bersama pada 17 Agustus 2021 lalu," kata Syachrial.

"Karena itu, kami meyakini dinamika yang terjadi pun merupakan bagian dari semangat bersama untuk mengukir prestasi sepak bola berkelas internasional,” sambungnya.

PT Jakpro turut mengapresiasi dan berterima kasih kepada PSSI atas atensinya serta harapannya yang besar terhadap JIS.

“Fasilitas di JIS bisa membuat talenta terbaik berkembang. Ini harapan kita. Oleh karena itu kita harus fokus berkolaborasi,” jelas Syachnial.

Sebelumnya PSSI mengklaim infrastruktur JIS belum layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety dan Security PSSI, Perimeter tribune JIS perlu pengkajian ulang.

Selanjutnya pagar perimeter di bawah concourse barat ada yang tidak kokoh dan sarana prasarana pendukung seperti kantong parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar.

Menyikapi hal ini, Jakpro telah menindaklanjuti berbagai masukan maupun rekomendasi dari PSSI. Salah satunya melalui berbagai simulasi yang dilakukan di JIS.

Untuk akses dan drop off pemain, JIS menyiapkan dua opsi. Untuk lantai dua, bus sedang dan kecil dapat digunakan, baik mulik tim home maupun away.

Adapun untuk bus besar kami menyiapkan area yang terhubung langsung dengan ramp dan lantai 2 tempat ganti pemain. Aksesnya pun mudah dan jaraknya tidak jauh, juga bisa digunakan tim home maupun away.

“Kami siapkan skema ada dua opsi. Jadi akan mempermudah pemain masuk ruang ganti dan areanya pun akan steril dari penonton atau supporter,” ujar Plt. Project Director JIS, Arry Wibowo.

Di sisi lain, Arry mengatakan, pembangunan JIS memiliki banyak tantangan mulai dari perencanaan, hingga pelaksanaan konstruksinya terutama dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh wilayah di dunia.

Meski demikian, melalui tim yang solid dan semangat menghadirkan stadion bersejarah yang menjadi salah satu ikon kebanggaan Kota Jakarta, berbagai tantangan tersebut bisa dituntaskan.

Menurut Arry, JIS sejak awal di desain tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan saat ini melainkan juga untuk 10 hingga 20 tahun mendatang.

Sehingga di dalam menjalankan amanah penugasan, Jakpro membangun dan mengelola Kawasan Olahraga Terpadu JIS dengan sarana transportasi publik yang terintegrasi serta berwawasan masa depan.

Selain itu, JIS merupakan stadion pertama di Indonesia yang mengusung konsep green buding. Harapannya, kehadiran JiS turut menjadi momentum dalam mewujudkan Jakarta Livable City.

ARTIKEL LAINNYA