Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gandeng Dirjen Perkeretaapian, Pemprov DKI Hadirkan Rute KRL Menuju JIS

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 17:25 WIB
Gandeng Dirjen Perkeretaapian, Pemprov DKI Hadirkan Rute KRL Menuju JIS
Pemprov DKI gandeng Kemenhub realisasikan rute KRL menuju JIS/RMOLJakarta
Dalam rangka menyediakan akses transportasi umum berbasis rel bagi masyarakat di kawasan Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) tentang sinergi penyelenggaraan prasarana perkeretapian dan fasilitas untuk mendukung kawasan JIS.

Penandatanganan nota kesepakatan dilakukan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali dan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perkeretapian Kemenhub RI, Zulma Efendi, di Ruang Pola Gedung Balaikota, Kamis (18/8).

"Diharapkan pembangunan KRL Computer Line, lebih tepatnya line Tanjung Priok, di kawasan JIS berlangsung dengan baik dan sesuai dengan perencanaan," ucap Marullah.

Menurut Marullah, pembangunan KRL Computer Line ini diperlukan guna mengantisipasi antusias masyarakat yang cukup tinggi untuk mengunjungi JIS, meki saat ini sudah ada moda transportasi Bus Transjakarta Koridor 14.

"Dengan fasilitas ini diharapkan pengunjung dapat lebih mudah untuk mengakses JIS. Selain itu, penyediaan sarana dan prasarana ini diharapkan dapat menjadi indikator peningkatan perekonomian kawasan sekitarnya," ujarnya.

Diharapkan, nantinya pembangunan akses transportasi umum berbasis rel tidak hanya sekitar kawasan JIS, namun lebih ke wilayah lain dalam upaya mewujudkan jaringan transportasi masal di Jakarta.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus, Kepala Daerah Operasi Satu PT Kereta Api Indonesia Suharjono dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Widi Amanasto.

ARTIKEL LAINNYA