Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Peringati HUT ke-77 RI, Mahasiswa di Aceh Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 17 Agustus 2022, 15:57 WIB
Peringati HUT ke-77 RI, Mahasiswa di Aceh Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut
Pengibaran bendera Merah Putih oleh mahasiswa di dasar Laut Aceh/Ist
Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, sejumlah penyelam yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa Ocean Diving Club (ODC) Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP), Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, mengibarkan bendera Merah Putih di dasar laut. Mereka mengibarkan bendera Merah Putih di laut Pantai Ahmad Rhang Manyang, Kecamatan Krueng Raya, Aceh Besar, Rabu (17/8).

Ketua ODC, Gilang Yuarza menjelaskan, pengibaran bendera di dasar laut adalah sebuah simbol. Merayakan dengan hal yang unik.

Bahkan, simbol kecintaan untuk tanah air dan sekaligus mengenang pahlawan tanda jasa pejuang bangsa Indonesia.

"Tentunya dalam pelaksanan upacara di bawah laut membutuhkan keahlian khusus, kami libatkan 15 anggota untuk turun ke dalam laut," jelas Gilang, dikutip Kantor Berita RMOLAceh.

Jumlah penyelam ODC terdiri dari 15 anggota. Sebanyak 13 orang mengibarkan bendera Merah Putih dan dua orang sebagai kameramen.

“Kami bergerak di kedalaman tujuh meter dasar laut,” ujar dia.

ODC, diakui Gilang sudah sering menggelar kegiatan di dasar laut. Terutama untuk keperluan pengambilan data riset kelautan.

"Sehingga kami lebih fokuskan diri sebagai scientific diver atau penyelam ilmiah," sebut dia.

Sementara itu, pembina ODC, Maria Ulfah mengatakan, perayaan 17 Agustus merupakan momen tahunan yang harus dimeriahkan. Mereka terbiasa dengan kegiatan yang berhubungan dengan kelautan.

"Makanya itu, sang saka Merah Putih tidak hanya berkibar di darat saja tetapi di bawah laut juga. Namun kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat nasionalisme dalam diri pemuda khususnya,” tandasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA