Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Mahasiswa Asal Papua Bersama Warga Siwalan Tirakatan Hari Kemerdekaan

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 17 Agustus 2022, 06:00 WIB
Mahasiswa Asal Papua Bersama Warga Siwalan Tirakatan Hari Kemerdekaan
Mahasiswa asal Papua bersama warga Siwalan mengikuti malam tirakatan Hari Kemerdekaan Indonesia/RMOLJateng
Sejumlah mahasiswa Papua mengikuti malam tirakatan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia bersama ratusan warga Jalan Bawangan, Kelurahan Siwalan, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Selasa (16/8).

Malam tirakatan diawali dengan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh enam mahasiswa Papua. Usai bendera tertancap, ratusan warga menyanyikan lagu Indonesia Raya di tengah perkampungan tersebut.

Salah seorang Mahasiswa Papua, Yosep Karira mengaku, baru pertama mengikuti malam perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

“Kami senang sekali dapat melaksanakan upacara hari kemerdekaan bersama warga. Kami berharap di hari kemerdekaan ini, Indonesia tetap bersatu, jangan ada perselisihan, jangan ada permusuhan dan Kami berharap hidup dalam kedamaian," ungkap Yosep dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng.

Sementara itu, Ketua RT 1 RW 2 Jalan Bawangan, Kelurahan Siwalan, Sutejo mengatakan, malam tirakatan Hari Kemerdekaan ini setiap tahun digelar.

Namun, kehadiran mahasiswa Papua ini baru pertama kali terjadi.

"Mereka ini warga Kami, meski pun ngekos, karena mereka ini mahasiswa, tapi kami anggap seperti saudara dan keluarga," terang Sutejo.

Selain itu, dengan kehadiran mahasiswa Papua ini, dapat menjadi contoh daerah lain untuk bersama mempererat persatuan di momen Hari Kemerdekan Indonesia ke 77.

"Kami berharap dengan momen ini dapat mempererat persatuan di tengah isu perpecahan yang terjadi," pungkas Sutejo.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA