Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tiba Dari Jepang, Anies Langsung Ziarah ke Makam Habib Zen

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 15 Agustus 2022, 13:10 WIB
Tiba Dari Jepang, Anies Langsung Ziarah ke Makam Habib Zen
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berziarah ke makam Habib Zen setibanya dari Jepang/Repro
Setibanya di tanah air usai melakukan kunjungan kerja ke Jepang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung berziarah ke makam Habib Zen bin Umar bin Smith di komplek Pemakaman Kramat Habib Ahmad bin Alwi Alhaddad (Habib Kuncung) Rawajati, Jakarta Selatan.

"Mendarat di Jakarta, langsung ziarah ke makam Habib Zen yang wafat beberapa hari lalu," tulis Anies seperti dikutip Kantor Berita RMOLJakarta melalui Instastory, Senin (15/8).

Orang nomor satu di ibukota itu tampak mengenakan baju koko putih dan celana berwarna krem serta peci hitam. Anies duduk bersila di samping pusara Habib Zen.

Tampak wajah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menunjukkan duka yang mendalam dan rasa kehilangan. Ia pun mengangkat kedua tangannya seraya memanjatkan doa.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah, Habib Zen bin Umar bin Smith, meninggal dunia pada Rabu lalu (10/8).

Sebelum meninggal, Habib Zein dikabarkan sudah mendapat perawatan karena sakit. Anies pun terus memantau kondisi Habib Zen melalui putra beliau Habib Umar bin Zen.

Habib Zein tercatat sebagai Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmah 2022-2027. Beliau masuk kepengurusan PBNU bersama sembilan habib dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk jajaran Mustasyar, Habib Zein bersama tiga Habib lainnya yakni Habib Luthfi Bin Yahya dari Pekalongan, Jawa Tengah, dan AGH Habib Abdurrahim Assegaf Puang Makka dari Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Tiga habib lain menjadi A'wan Syuriyah PBNU, Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf dari Surakarta, Habib Ahmad al-Habsyi dari Pasuruan, Jawa Timur; dan Habib Mohsen Alaydrus dari Palu, Sulawesi Tengah. Sementara Habib Luthfi bin Ahmad al-Attas dari Jakarta menjadi Katib Syuriyah.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA