Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Surat Bung Hatta untuk Kakek Anies Baswedan Dipastikan Hoax

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 07 Agustus 2022, 13:35 WIB
Surat Bung Hatta untuk Kakek Anies Baswedan Dipastikan Hoax
Sebuah surat yang diklaim berasal dari Mohammad Hatta ditujukan kepada Abdurrahman Baswedan atau populer dengan nama A.R. Baswedan dipastikan hoax/Repro
Beredar informasi di media sosial memuat sebuah surat yang diklaim berasal dari Mohammad Hatta ditujukan kepada Abdurrahman Baswedan atau populer dengan nama A.R. Baswedan.

Abdurahman Baswedan sendiri adalah seorang pejuang kemerdekaan yang merupakan Kakek dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam surat tersebut Bung Hatta menanggapi "Sumpah Pemuda Indonesia Keturunan Arab Tahun 1934" yang pernah dicanangkan oleh A.R Baswedan.

Menanggapi hal ini, tim Jala Hoaks Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan postingan tersebut 100 persen tidak benar alias Hoaks.

Foto surat yang menyatakan Mohammad Hatta berpendapat bahwa ke-indonesia-an orang Arab lebih baik dibanding orang Tionghoa juga dibantah oleh Halida Nuriah Hatta yang merupakan anak bungsu dari Mohammad Hatta.

"Itu sudah jelas palsu. Tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun masalahnya hal itu jangan dibiarkan," kata Halida Nuriah Hatta seperti dikutip redaksi.

Dengan demikian dapat disimpulkan, Informasi tentang surat yang diklaim berasal dari Mohammad Hatta dan ditujukan kepada A.R Baswedan, adalah tidak benar.

"Informasi ini masuk dalam kategori Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)," demikian Tim Jala Hoaks.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA