Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sudah Dibahas Sejak 2019, Anies Baswedan Resmikan Rumah Sehat untuk Jakarta

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Rabu, 03 Agustus 2022, 23:40 WIB
Sudah Dibahas Sejak 2019, Anies Baswedan Resmikan Rumah Sehat untuk Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/RMOLJakarta
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan nama baru rumah sakit umum daerah (RSUD) menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta, pada Rabu (3/8).

Dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ide gagasan perubahan nama itu mulai dibahas pada tahun 2019 silam.

"Lalu tahun 2020, kami siapkan langkah-langkahnya. Sempat terhenti karena pandemi Covid-19, baru kemudian aktif lagi setelah situasi pandemi mereda," kata Anies usai acara Pencanangan Penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8).

Anies mengatakan, alasan penjenamaan tersebut karena rumah sakit selama ini berorientasi pada kuratif dan rehabilitatif. Hal itu yang menyebabkan masyarakat memiliki pandangan bahwa untuk sembuh harus sakit terlebih dahulu.

"Nah di sisi lain pada saat pandemi kemarin kita menyaksikan pentingnya menjaga kesehatan. Karena itu kita ingin agar rumah sehat ini menjadi rumah di mana perannya ditambah," katanya.

Lebih lanjut, Anies mengatakan terdapat dua aspek yang mendukung, yaitu: aspek promotif dan aspek preventif. Menurutnya, akan membuat cara pandang masyarakat yang datang ke rumah sehat supaya menjadi sehat dan lebih sehat.

"Dari mulai melakukan medical check up sampai persoalan gizi dan lain-lain. Konsultasi, jadi rumah sehat ini dirancang untuk benar-benar membuat kita berorientasi pada hidup yang sehat, bukan sekedar berorientasi untuk sembuh dari sakit," terangnya.

Anies menambahkan, penyeragaman tersebut perlu dilakukan agar menjadi simbol institusi pemerintah di bidang kesehatan.

"Rumah Sehat untuk Jakarta ini dirancang agar masyarakat berorientasi pada hidup yang sehat, bukan sekedar untuk sembuh dari sakit," demikian Anies dikutip Kantor Berita RMOLJakarta.

ARTIKEL LAINNYA