Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Awasi Akalan-akalan Pabrik Sawit, Petani: Kalau Tetap Nakal, Kami Laporkan

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 01 Agustus 2022, 03:53 WIB
Awasi Akalan-akalan Pabrik Sawit, Petani: Kalau Tetap Nakal, Kami Laporkan
Ilustrasi/Net
Seluruh jaringan Dewan Pimpinan Wilayah (DPD) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) pastikan berikan perhatian serius dan awasi potensi akalan-akalan pabrik kelapa sawit dalam membeli tandan buah segar (TBS).
Pengawasan itu dikarenakan pembelian TBS yang masih tidak sebanding dengan kenaikan volume ekspor dan harga crude palm oil (CPO).

Sekretaris Apkasindo Aceh, Fadhli Ali, menyebutkan volume pengiriman ekspor CPO sudah membaik sejak pencabutan pungutan ekspor. Per 28 Juli lalu, kata dia, volume ekspor CPO dan sejumlah turunannya mencapai 2 juta ton.

"Tapi harga TBS petani dibeli masih dengan harga rendah. Nah ini alasan kami mengawasi, jika tetap nakal kami laporkan," kata Fadhli kepada Kantor Berita RMOLAceh, Minggu (31/7).

Berdasarkan laporan yang diterima DPP Apkasindo, per 30 Juli lalu, harga TBS petani swadaya dibeli rata-rata 21,28 persen. Sementara petani bermitra 5,24 persen.

"Harga itu, berada di bawah ketetapan Dinas Pertanian dan Perkebunan," ujar Fadhli.

Berdasarkan surat edaran DPP Apkasindo, kata Fadhli, bagi petani yang melihat dan dirugikan oleh pabrik sawit segera melapor ke pihaknya.
"Hubungi nomor kontak Apkasindo, 0878-82246516," katanya.

Di samping itu, Fadhli berharap upaya pengawasan tersebut dapat mencegah akal-akalan petani sawit. Sehingga petani tidak selalu dirugikan di tengah keadaan ekonomi tak menentu.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA