Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

APJII: Konektivitas Internet Menjadi Penentu Utama di Era Metaverse

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 27 Juli 2022, 00:55 WIB
APJII: Konektivitas Internet Menjadi Penentu Utama di Era Metaverse
Ilustrasi/Net
rmol news logo Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terus membantu memfasilitasi teknologi metaverse di Indonesia. Untuk itu, APJII mendorong terwujudnya jaringan internet yang memadai untuk memasuki era metaverse.

"Seperti yang kita ketahui bersama, konektivitas internet menjadi enabler utama di era metaverse, sehingga APJII sebagai asosiasi yang menaungi lebih dari 700 penyelenggara jasa internet berkolaborasi dengan WIR untuk menjadi jembatan memasuki dunia metaverse,” ujar Ketua Umum APJII, Muhammad Arif, dalam keterangannya, Selasa (26/7).

Dalam ajang pertemuan ketiga Digital Economy Working Group Meeting (DEWG) Presidensi G20 yang berlangsung di Hotel Meruorah Komodo, Nusa Tenggara Timur, pada 20-22 Juli 2022, WIR Group menjalin kolaborasi bersama APJII.

Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Indonesia dan 20 delegasi negara anggota G20 akan mendiskusikan kerja sama penanganan aliran data lintas batas dan pondasi yang kuat untuk pemahaman mengenai aliran data lintas batas negara.

“Tujuan utama dari kolaborasi ini adalah untuk memberikan experience futuristic booth kepada para delegasi pertemuan ketiga DEWG G20 dan dukungan kesuksesan rangkaian DEWG G20 sampai dengan pertemuan ke-4 di Bali pada akhir Agustus 2022," kata Muhammad Arif.

Kolaborasi dengan APJII merupakan bagian dari rangkaian kerja sama yang telah dilakukan oleh WIR Group dengan berbagai institusi dan lembaga lainnya.

Teknologi ini menghadirkan sebuah ruang virtual tiga dimensi di mana para pengguna dapat berkumpul sebagai sekelompok avatar dan berinteraksi satu sama lain di lingkungan yang merupakan replikasi dari dunia fisik dengan sejumlah modifikasi.

DEWG merupakan pertemuan kelompok kerja ekonomi digital dalam Presidensi G20 Indonesia tahun ini, di mana WIR Group dan APJII sebagai bagian dari Industry Task Force (ITF) yang bermitra dengan Kementerian Kominfo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA