Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Khofifah Dianugerahi Tokoh Penggerak Koperasi Utama Tahun 2022

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 24 Juli 2022, 19:11 WIB
Khofifah Dianugerahi Tokoh Penggerak Koperasi Utama Tahun 2022
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa/Net
rmol news logo Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendapatkan Penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama Tahun 2022 dari Dewan Koperasi Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penghargaan tersebut diberikan pada Gubernur Khofifah dalam acara Puncak Hari Koperasi Ke-75 Tahun 2022 yang diselenggarakan di Stadion Baru Kebon Dalem, Kabupaten Kendal, Sabtu pagi (23/7).

Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Utama merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Dewan Koperasi Indonesia.

Penghargaan ini diberikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto  pada Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jatim Andromeda Qomariah, yang hadir langsung ke Kendal mewakili Gubernur Khofifah.

Lebih lanjut, penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Utama Tahun 2022 yang diberikan  ini merupakan buah apresiasi atas upaya keras Gubernur Khofifah yang selama ini aktif menggerakkan pengembangan koperasi di Jatim.

"Alhamdulillah, penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh gerakan koperasi yang ada di Jawa Timur atas dedikasinya melestarikan budaya Gotong Royong dan profesionalisme gerakan koperasi   dalam menjalankan sistem perkoperasian," kata Khofifah, di Grahadi, Sabtu (23/7).

"Dan seiring dengan perkembangan zaman, saatnya koperasi bertranformasi dengan menerapkan digitalisasi dan membentuk pelaku-pelaku koperasi milenial agar kedepan koperasi dapat menjadi agregator bagi UMKM dan makin banyak yang  Go-Global," lanjutnya.

Sejauh ini, perkembangan koperasi di Jatim sangat signifikan meningkat terutama setelah terbitnya undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja.

Dari data Dinas Koperasi dan UKM Jatim, pendirian koperasi pada tahun 2020 hingga 2022 meningkat yaitu di tahun 2020 ada sebanyak 515 koperasi baru yang berdiri. Selain itu, dari aspek jumlah koperasi aktif juga semakin meningkat.

"Pesatnya perkembangan koperasi ini menjadi tantangan bagi kami untuk bisa memastikan bahwa mereka berkembang dan berdaya ekonominya. Sebab total koperasi saat ini di Jatim  mencapai 22.965 koperasi," tegasnya.

Dari sisi kinerja keuangan, dapat dilihat bahwasanya koperasi memiliki peran penting dalam hal mendukung pertumbuhan perekonomian di Jatim.

Hal ini dapat dilihat dari online data system koperasi  per akhir Juni 2022, Dimana ada sebanyak 3,97 juta orang yang menjadi anggota dan menjalankan kegiatan koperasi di Jatim.

Dari jumlah itu, koperasi se-Jatim telah memberdayakan 144.725 tenaga kerja, dan memutarkan modal sekitar Rp 32 trilliun dan menghasilkan SHU sebesar Rp 1,33 trilliun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA