Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

HIPMI Ikut Andil Dorong UKM Perorangan Naik Kelas Lewat NIB

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 23 Juli 2022, 14:38 WIB
HIPMI Ikut Andil Dorong UKM Perorangan Naik Kelas Lewat NIB
Menteri Bahlil Lahadalia dalam kegiatan pemberian NIB bagi pelaku UMK Perseorangan/Ist
Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan yang menjadi program Kementerian Investasi diyakini akan menaikkan kelas pengusaha kecil.

Bertempat di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatra Utara (USU), Kamis lalu, Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia memberikan NIB kepada delapan dari 550 pelaku UMK yang hadir.

Menteri Bahlil mengatakan, Kementerian Investasi/BKPM terus berkomitmen melakukan percepatan perizinan berusaha melalui sistem online single submission (OSS).

Melalui sistem OSS ini, pelaku usaha khususnya UMK akan memperoleh kepastian dan percepatan izin usaha tanpa biaya. Apalagi saat ini, fasilitas kredit perbankan belum dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku UMKM.

“Kalau pelaku UMK tidak punya izin, maka perbankan tidak bisa menyalurkan kredit. Itu tanggung jawab kami membuat izin gratis melalui sistem OSS agar pelaku UMK mendapat fasilitas pendanaan dari perbankan,” ucap Bahlil diberitakan Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (23/7).

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal BPP HIPMI Bagas Adhadirgha mengatakan, program kemudahan perizinan melalui OSS sudah berjalan baik di semua Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

HIPMI pun dilibatkan untuk ikut mengawal dan terjun langsung dalam membantu proses kemudahan izin usaha bersama pemerintah daerah seluruh Indonesia.

Alhamdulillah animo masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk memiliki NIB sangat tinggi. Ini menandakan geliat ekonomi di daerah sudah mulai bangkit lagi,” ujar Bagas.

HIPMI mendukung penuh langkah strategis Kementerian Invesasi dalam membantu pelaku UMKM perorangan. Terutama legalisasi pengusaha UMKM perorangan ini untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS.
 
“Semoga ini menjadi penyembangan bagi para wirausaha muda di daerah untuk dapat berkembang dan naik kelas,” ujar CEO Asia Aero Technology ini.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA