Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tugas Akhir, Mahasiswa LSPR Gelar Simulasi Press Conference

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 14 Juli 2022, 23:00 WIB
Tugas Akhir, Mahasiswa LSPR Gelar Simulasi <i>Press Conference</i>
Mahasiswa/i LSPR gelar praktek press conference/Ist
rmol news logo   Mahasiswa jurusan public relation & digital communication LSPR communication and business institute, mengadakan simulasi atau praktik press conference.

Hal ini merupakan bagian dari tugas akhir mata kuliah media relation management: digital & conventional dengan dosen pengampu Mam Rizka Septiana

Simulasi pres conference menghadirkan dua kelompok yang masing-masing akan berperan sebagai bagian dari perusahan yang terkena kasus. Simulasi press conference ini dilakukan secara daring,  dihadiri oleh tim prodi komunikasi LSPR communication and business institute dan praktisi wartawan yang tentunya sudah mumpuni dan berpengalaman dalam bidangnya.

"Mata kuliah ini selain memberikan pemahaman dan trik dalam membina hubungan baik dengan salah satu opinion leader yaitu media massa, juga menitik beratkan kepada kesiapan seorang Humas dalam melakukan aktivitas kehumasan, khususnya dengan media sebagai institusi secara umum, dan awak wartawan secara khusus", ujar Rizka Septiana, dosen pengampu mata kuliah ini melalui keterangan tertulis, Kamis (14/7).

Rizka menyampaikan, praktik ini merupakan upayanya untuk mendorong mahasiswa/i untuk mampu mengilustrasikan kinerjanya seperti peran dan tugasnya sebagai Humas yang notabene berfungsi sebagai jembatan perusahaan dengan khalayaknya.

“Nah, yang menarik adalah, mahasiswa/i LSPR communication and business institute sudah pakem dan dilatih terus melakukan kegiatan media seperti media gathering, program kehumasan dll. Dalam mata kuliah ini, mereka diberikan tantangan baru yaitu, bagaimana menghadapi awak media kala mereka (sebagai bagian dari perusahaan) sedang mengalami masalah/kasus, dan harus memberitahukan (klarifikasi) kepada media atas kasus yang mereka alami,” beber Rizka.

Lebih lanjut Rizka menambahkan, melalui praktik ini diharapkan bisa menjadi pengalaman mahasiswa/i sebagai awal untuk mampu mempersiapkan diri dan tim, melakukan riset, mengumpulkan data, dan mempersiapkan diri dengan matang sebelum melakukan proses klarifikasi tersebut.

"Simulasi press conference ini sangat menarik sehingga membuat final test media relations management menjadi lebih nyata, dan mahasiswa dapat merasakan bagaimana berkomunikasi dengan baik dibawah tekanan dari awak media" ujar Muhammad Rafly selaku tim Prodi Komunikasi LSPR communication and business institute

"Simulasi press conference ini sudah sesuai dengan standar bukti kelengkapan untuk akreditasi internasional prodi ilmu komunikasi kedepannya", tambahnya.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA