Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dosen UISU: Wacana Pencabutan Gelar Akademik Lili Pintauli Sama Saja Menyakiti RIbuan Alumni

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 14 Juli 2022, 09:39 WIB
Dosen UISU: Wacana Pencabutan Gelar Akademik Lili Pintauli Sama Saja Menyakiti RIbuan Alumni
Wakil Ketua KPK RI, Lili Pintauli Siregar mundur/Net
rmol news logo Pencabutan gelar akademik Lili Pintauli Siregar yang digaungkan sejumlah pihak usai keputusan pengunduran diri dari Wakil Ketua KPK RI tidak tepat.

Dosen Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan juga alumni FISIP UISU, Samsul Bahri Pane menegaskan, UISU tidak perlu mencabut gelar akademik Lili Pintauli karena tidak ada hubungan kasus pengunduran diri dari KPK dengan gelar akademiknya.

Menurutnya, sampai saat ini tidak ada ketentuan bagi alumni yang bermasalah hukum akan dicabut gelar akademiknya.

"Kampus itu seharusnya melakukan pembelaan melalui BBH UISU atas kasus yang menimpa alumninya. Bukan malah mengevaluasi gelar akademiknya," kata Samsul kepada Kantor Berita RMOLSumut, Rabu (13/7).

Baginya, marwah alumni harus diperjuangkan civitas akademika, termasuk kepada Lili Pintauli.

"Sepanjang yang kita tahu, orang yang berstatus terdakwa korupsi tidak pernah mengkaji atau mengevaluasi gelar akademiknya," jelasnya.

Bahkan bila perlu, Ikatan Alumni UISU harus bersikap dan memberikan kajian hukum terkait persoalan yang dihadapi Lili Pintauli sebagai alumni. IKA UISU juga harus memberikan pokok pikiran terhadap pimpinan akademika, dalam hal ini Rektorat UISU agar berpihak kepada alumni.

"Sedih kita membaca dan mendengar informasi jika ada yang berpikir mengkaji ingin mencabut gelar akademik Lili Pintauli Siregar. Cara berpikir seperti itu sama saja menyakiti ribuan alumni UISU," tandasnya.

Wacana evaluasi gelar akademik Lili tersebut diwacanakan Pengamat Kebijakan Publik Sakhyan Asmara. Menurutnya, pencabutan gelar akademik Lili perlu dikaji karena dianggap mencoreng nama UISU. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA