Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Akan Gelar Pertunjukan Tari ke 3 Negara, Pura Mangkunegaran Meminta Saran dari Gibran

LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 12 Juli 2022, 14:25 WIB
Akan Gelar Pertunjukan Tari ke 3 Negara, Pura Mangkunegaran Meminta Saran dari Gibran
Ilustrasi/Net
Sebagai upaya mengenalkan budaya Jawa ke kancah international, Pura Mangkunegaran Solo akan mengirim para penari ke 3 negara. Negara yang akan dituju adalah Malaysia, Australia, dan Thailand.

Hal tersebut disampaikan Raja Pura Mangkunegaran Solo, KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo. Kegiatan tersebut untuk mempromosikan budaya Jawa, khususnya Kota Solo, ke internasional.

Para penari yang akan dikirimkan ke luar negeri akan membawakan jenis tari yang berbeda di tiap negara yang dikunjungi sesuai dengan eventnya.  

"Rencananya bulan ini akan ke Malaysia, bulan depan ke Australia dan bulan depannya lagi ke Thailand," terangnya, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Selasa (12/7).

Ditambahkan Gusti Bhre, pihaknya juga telah bekerjasama dengan KBRI dan universitas setempat. Termasuk meminta saran dan bertukar pikiran dengan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

"Ini acara sendiri dari Mangkunegaran tapi saya juga tukar pikiran dengan Mas Wali (Walikota Solo Gibran Rakabuming)," imbuhnya.

Selain menampilkan seni budaya juga berupaya mengenalkan makanan khas Pura Mangkunegaran ke masyarakat. Saat ini sedang melakukan riset dan menggali makanan khas Mangkunegaran.

"Kami ingin menduniakan kuliner khas Mangkunegaran. Kita kan punya makanan khas," tandasnya.

Terkait rencana tersebut, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut dari pihak Mangkunegaran berencana merevitalisasi beberapa ruangan di Pura Mangkunegaran juga memiliki rencana untuk menonjolkan kuliner khas Mangkunegaran.

"Beliau punya rencana membuat semacam rumah makan. Terus ada juga yang berhubungan dengan wellness," tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA