Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies Baswedan: Ciri Kota Global Terlihat Dari Fasilitas Transportasi Publik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 08 Juli 2022, 02:54 WIB
Anies Baswedan: Ciri Kota Global Terlihat Dari Fasilitas Transportasi Publik
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meresmikan bus listrik/RMOLJakarta
rmol news logo Kemajuan sebuah kota di era globalisasi terlihat dari perpindahan penduduk dari penggunaan transportasi pribadi ke transportasi publik.

Hal itulah yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam talkshow bertema "Jakarta Kota Global" yang digelar di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (7/7).

"Salah satu ciri sebuah kota global saat ini adalah kemajuan pengelolaan mobilitas penduduk, yang membedakan urban dengan plural itu utamanya adalah, penduduk urban itu mobilitasnya tinggi, kalau penduduk plural mobilitasnya rendah," kata Anies.

"Nah begitu sampai dengan mobilitas penduduk, sebuah kota akan terlihat sebagai kota global, bila penduduknya menggunakan transportasi umum," sambungnya.

Dengan begitu, Anies menyatakan, dirinya sejak terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta fokus dalam membenahi fasilitas transportasi publik.

"Bila negara menyediakan transportasi umum, datang aja ke sebuah kota nanti lihat disitu. Salah satu cirinya. Nah oleh karena itu kita, mulai 2018 awal, itu secara serius membangun fasilitas transportasi umum," kata Anies.

Sejauh ini, sejumlah fasilitas transportasi publik di Jakarta mulai berbenah. Semisal dari layanan Bus TransJakarta, MRT, LRT, jalur sepeda, dan juga integrasi moda transportasi publik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA