Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Bisa Tampung 9 Calon Siswa yang Hilang dari Jurnal PPDB Online, Disdikbud Jateng Persilakan Orangtua Lapor Polisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 07 Juli 2022, 17:50 WIB
Tak Bisa Tampung 9 Calon Siswa yang Hilang dari Jurnal PPDB Online, Disdikbud Jateng Persilakan Orangtua Lapor Polisi
PPDB online di Kabupaten Batang diduga ada kecurangan/RMOLJateng
rmol news logo Kasus dugaan kecurangan dalam PPDB Online di SMAN 1 Batang, Jawa Tengah, belum ada tanda-tanda titik terang.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah malah memutuskan tidak menampung 9 calon siswa SMAN 1 Batang yang hilang dari jurnal PPDB online pada detik-detik akhir pendaftaran.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kebudayaan XIII Provinsi Jawa Tengah, Ernest Ceti Septyanti, mempersilakan para orangtua calon siswa untuk menempuh jalur hukum. Terutama jika ada kecurigaan terkait terpentalnya anak mereka dari jurnal PPDB online.

"Kalau itu mau dilaporkan ke Polisi oleh orangtua calon peserta didik silakan," katanya, Kamis (7/7).

Ernest mengakui ada satu IP Address yang memindah pilihan sembilan calon siswa itu. IP Addres itu beralamat di Slawi dan bernomor 182.2.69.47.

Data yang diterima Kantor Berita RMOLJateng, perubahan pilihan sembilan calon siswa itu berlangsung di detik-detik akhir penutupan. Dalam waktu tersisa 18 menit, 9 calon siswa mengalami perubahan pilihan. Bahkan, ada yang pilihannya berubah satu menit sebelum penutupan atau 15.59.

Padahal, mereka berada di peringkat yang relatif aman untuk lolos masuk ke SMAN 1 Batang melalui PPDB online.

Ernest menyatakan, saat ini peserta didik yang melakukan daftar ulang sudah penuh. Jika menampung siswa yang terpental, itu akan menabrak aturan.

"Karena satu rombongan belajar tidak boleh lebih dari 36 kursi," jelasnya.

Ernest mengakui ada kelemahan dalam tim PPDB online yaitu terkait password akun dari calon peserta didik yang bisa diberikan ke orang lain.

Hingga terbuka peluang password itu bisa diberikan kepada orang lain atau dimanfaatkan orang lain untuk niat kepentingan tertentu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA