Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bernostalgia ke Lanud Halim Perdanakusuma

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 Juli 2022, 18:29 WIB
Bernostalgia ke Lanud Halim Perdanakusuma
Ketua PSAPI Chappy Hakim dan Komandan Lanud Halim Marsekal Pertama TNI Bambang/Ist
Pernah banyak bertugas di Pangkalan Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Chappy Hakim akhirnya melakukan kunjungan nostalgia pada Rabu (6/7).

Chappy yang merupakan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) periode 2002-2005 pernah bertugas selama kurang lebih 18 tahun di Lanud Halim.

Sejak 1973, ia mulai melaksanakan tugas di Skadron 2 dengan menerbangkan pesawat Dakota C-47. Ia kemudian masuk dalam jajaran Skadron 31 yang bertugas membawa Hercules C-130 H.

Chappy bahkan sempat dimandati sebagai Komandan Skadron 31 Linud Berat, jabatan tertinggi yang ia capai di Lanud Halim.

Kunjungan nostalgia Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) itu kemudian diakhiri dengan penyerahan sumbangan buku kedirgantaraan karyanya sendiri untuk perpustakaan Lanud Halim.

Diserahkan oleh Chappy, sumbangan buku tersebut diterima langsung oleh Komandan Lanud Halim Marsekal Pertama TNI Bambang, seperti dikutip dari keterangan yang diterima redaksi.

Dalam kesempatan tersebut, Dan Lanud Halim menceritakan perkembangan renovasi landasan pacu yang tengah dikerjakan selama beberapa bulan terakhir.

Konstruksi landasan tersebut memerlukan perbaikan berat karena beberapa tahun terakhir telah digunakan lebih banyak penerbangan sipil komersial dengan bobot pesawat yang cukup berat dan frekuensi yang padat. Di sana juga tersedia fasilitas taxiway.

Demi menjamin keselamatan penerbangan dan menghindari kecelakaan pesawat terbang, pemerintah memutuskan untuk segera merehabilitasi konstruksi landasan pacu Lanud Halim.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA