Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Harga Bumbu Dapur di Banyuwangi Melonjak Jelang Iduladha, Warga Kurangi Belanja

LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 05 Juli 2022, 14:48 WIB
Harga Bumbu Dapur di Banyuwangi Melonjak Jelang Iduladha, Warga Kurangi Belanja
Salah seorang pedagang di pasar tradisional Banyuwangi/RMOLJatim
Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 H yang akan dirayakan pada Sabtu (9/7) nanti, konsumen pasar tradisional di Kabupaten Banyuwangi terpaksa mengurangi jumlah belanjaan kebutuhan dapur. Penyebabnya, saat ini harga berbagai kebutuhan dapur tengah melonjak.

Seperti disampaikan seorang pedagang di Pasar Banyuwangi, Samsul (42), bawang merah saat ini naik signifikan dari Rp 40 sampai Rp 45 ribu menjadi Rp 55 ribu per kilogram.

Selain bawang merah, harga cabai rawit, cabai merah besar, hingga tomat juga mulai merangkak naik. Imbasnya, jumlah belanjaan konsumen menjadi berkurang.

Dampaknya, para pedagang pun terpaksa mengurangi stok ketersediaan barang dagangannya.

"Gimana enggak mengurangi stok, konsumen belinya pada berkurang. Yang awalnya beli setengah kilogram jadi seperempat kilo. Sedangkan yang beli seperempat kilo jadi setengah ons," keluh Samsul, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (5/7).

Samsul menambahkan, untuk cabai rawit harganya kian melambung tinggi, dari Rp 50 ribu per kilogram menjadi Rp 95 ribu per kilogramnya.

"Cabai merah besar ikut naik jadi Rp 75 ribu dari harga sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram. Kalau tomat kini Rp 20 ribu dari harga sebelumnya hanya Rp 10 ribu per kilogram," ungkap Samsul.

Pedagang asal Kelurahan Panderejo, Kecamatan Banyuwangi ini menyebut, kenaikan harga bumbu dapur itu sudah berlangsung sejak 10 hari terakhir.

Samsul mengaku tak tahu pasti gaktor penyebab kenaikan sejumlah kebutuhan pangan itu.

"Katanya sih stok di tengkulak berkurang, barangnya tidak ada sehingga harga ikut naik," ujarnya.

Tak hanya bumbu dapur, kenaikan harga juga terjadi untuk telur ayam ras dan daging ayam. Harga per kilogram telur di Pasar Banyuwangi tembus Rp 27.500 dari harga sebelumnya Rp 23 ribu, sedangkan daging ayam mencapai Rp 36 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga daging ayam sudah berlangsung tiga hari terakhir. Naik Rp 3 ribu dari harga sebelumnya Rp 33 ribu," kata pedagang lainnya, Imam, di pasar tradisional itu.

Sementara, untuk harga daging sapi terpantau stabil menjelang Hari Raya Iduladha. Berkisar diangka Rp 120 ribu sampai Rp 125 ribu.

Pun dengan harga beras, minyak goreng kemasan yang terpantau belum mengalami kenaikan per Selasa ini (5/7).
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA