Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Panitia Formula E Jakarta Pertimbangkan Gelar Night Race

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 05 Juli 2022, 10:01 WIB
Panitia Formula E Jakarta Pertimbangkan Gelar Night Race
Formula E/Net
Federasi Automobil Internasional (FIA) telah memberikan Jakarta dua slot balapan Formula E di tahun 2023. Kemungkinan, balapan malam hari atau night race akan digelar di salah satu hari di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara pada Juni 2023 mendatang.

Rencananya balapan ini akan dilakukan selama dua seri dalam dua hari, yakni pada 3-4 Juni 2023.

“Memang ada dua seri balapan yang berbeda, dan ada kemungkinan night race,” kata Vice President Communication Organizing Committee Formula E Jakarta, Iman Sjafei diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (5/7).

Iman mengatakan, balapan malam hari pernah diterapkan oleh Singapura namun untuk turnamen Formula 1. Saat ini, pihaknya masih mempelajari teknis menggelar balapan malam hari karena dari sisi persiapan tentu berbeda, terutama segi pencahayaan (lighting).

“Mereka (FIA) sudah mulai kirimkan untuk lampunya, kebutuhan sumber dayanya dan lain-lain yang memang berbeda kalau misalnya digelar siang atau sore,” kata Iman.

Menurut dia, tata letak pencahayaan untuk menggelar turnamen malam hari memiliki cara khusus. Karena itu, pihak panitia tidak bisa sembarangan menaruh lampu untuk pencahayaan turnamen Formula E.

“Untuk lampunya saja sudah ribet banget sebenarnya,” kata Iman.

Hingga kini, FIA masih menunggu konfirmasi Jakarta apakah sanggup menggelar balapan malam hari atau tidak. Adapun FIA sendiri memberi tenggat waktu sampai September 2022 mendatang untuk menentukannya.

“Keputusan finalnya dari Jakarta juga belum keluar. Sebenarnya Jakarta belum mengiyakan benar dua hari, karena memang masa habis kalendernya sampai September,” kata Iman.

Ajang balap Formula E akan kembali digelar di Jakarta pada 2023 mendatang. Turnamen mobil listrik itu dijadwalkan digelar sebanyak dua kali di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada 3-4 Juni 2023 nanti.

Hal tersebut terungkap dari agenda resmi Federasi Automobil Internasional (FIA) dalam kalender tahun 2023. Dalam kalender itu tercantum, turnamen akan mulai dari Januari hingga Juli 2023.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA