Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

PMI: Umur ke-76 Pelayanan Polri Terhadap Masyarakat Terus Meningkat

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 02 Juli 2022, 16:06 WIB
PMI: Umur ke-76 Pelayanan Polri Terhadap Masyarakat Terus Meningkat
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) genap berisa 76 tahun pada 1 Juli 2022. Di usianya tersebut, Korps Bhayangkara telah banyak memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Penggerak Milenial Indonesia (PMI), M. Adhiya Muzaki. Menurutnya Polri memiliki peranan penting dalam ketertiban dan keamanan masyarakat Indonesia.

Di bawah kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, kata dia, Polri telah mengambil peran penting selama pandemi Covid-19. Mulai dari memberikan berbagai bantuan bantuan yang diberikan kepada masyarakat, seperti pelaksanaan vaksinasi gratis, pembagian sembako, dan pelayanan keamanan yang humanis.

 "Hari Bhayangkara yang ke-76 ini pelayanan polri terhadap masyarakat terus meningkat. Dilihat dari kinerja saat pandemi kemarin, segala bentuk bantuan dikeluarkan oleh polri," kata Adhiya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (2/7).

Di bawah kepemimpinan Jenderal Sigit juga, kata dia, Polri mampu mengatasi berbagai persoalan di masyarakat dengan cara mengedepankan restorative justice. Cara tersebut, menurutnya, mampu menurunkan 19,3 persen angka kasus di Indonesia.

Di sisi lain, masih kata Adhiya, dari laporan yang diperoleh dari Kapolri, sepanjang 2021 ada 27 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) ditangkap. Sedangkan 26 anggota KKB lainnya menyerahkan diri kepada aparat.

"Terjadi juga penurunan laporan kejahatan sebesar 53.360 perkara sepanjang tahun 2021. Sementara itu jumlah kasus yang telah dituntaskan oleh Polri mengalami peningkatan. Penyelesaian (perkara) terjadi peningkatan sebesar 6,1 persen," bebernya.

Selain itu, masih kata Adhiya, cara Jenderal Sigit mengedepankan pencegahan kasus terorisme dengan melakukan penangkapan sebelum pelaku beraksi jika telah cukup bukti, atau preventive strike. Pencegahan dikedepankan agar tak muncul korban dari aksi teror.

Adhiya menilai, banyak hal yang telah dilakukan Polri selama kepemimpinan Jenderal Sigit. Ia berharap Polri semakin mendapat tempat dan dicintai masyarakat.

"Pendekatan humanis yang diterapkan Polri telah mendapat tempat dan semakin dicintai masyarakat. Jayalah Polri, Selamat HUT Bhayangkara ke-76, semoga semakin dekat dengan masyarakat dan dicintai oleh rakyat," pungkasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA