Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kenangan Terakhir Istri Tjahjo Kumolo: Bapak Ingin Meninggal saat Jalankan Tugas

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 01 Juli 2022, 21:04 WIB
Kenangan Terakhir Istri Tjahjo Kumolo: Bapak Ingin Meninggal saat Jalankan Tugas
Pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata/RMOL
Duka teramat dalam dirasakan pihak keluarga mendiang Menpan RB Tjahjo Kumolo yang telah berpulang ke rahamatullah pada hari ini Jumat (1/7).

Isteri almarhum Tjahjo, Erni Guntarti mengenang mendiang suami adalah sosok yang bersahaja dan tidak pernah melarang-larang sang isteri untuk bekerja.

“Bapak sih selalu mendukung apapun yang saya kerjakan. Karena apa yang saya kerjakan, sebagai dokter waktu itu di klinik DPR, bapak gak pernah melarang saya yang saya kerjakan. Jadi gak harus dirumah,” kenang Erni kepada wartawan seusai prosesi pemakaman Tjahjo di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

“Kenangan ya banyak sekali,” sambungnya.

Namun, pesan almarhum yang paling diingat Erni yaitu punya keinginan meninggal dunia saat menjalankan tugasnya.  

“Gak ada sih (pesan khusus), yang saya ingat bapak ingin meninggal dalam tugas. Itu aja,” tuturnya.

Erni lantas teringat setelah almarhum shalat tahajud, dalam beberapa bulan terakhir ada kebiasaan baru sebelum sang suami wafat. Mantan Mengadri itu selalu mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an hingga ia tidur menutup lelah setelah beraktivitas.

“Kita gak tahu, berapa bulan bapak kalau tidur selalu mendengarkan alunan ayat suci, yang biasanya gak begitu, itu sudah sebulan itu pas mau tidur sampe tertidur sampe pagi. Kebiasaan baru bapak maksud saya. Kalau bangun tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampe pagi. Itu terakhir yang saya ingat,” tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA