Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aktivis Peduli Lingkungan Demo di Kementerian LHK, Minta Usut Pengelola Lahan Nakal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 23 Juni 2022, 18:11 WIB
Aktivis Peduli Lingkungan Demo di Kementerian LHK, Minta Usut Pengelola Lahan Nakal
Aksi demo digelar aktivis dari Lembaga Peduli Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LP-LHK) di Jakarta/Ist
rmol news logo Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) didemo mahasiswa dan aktivis dari Lembaga Peduli Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LP-LHK) di Jakarta, Kamis (23/6).

Dalam aksinya, massa meminta Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar mencabut izin usaha pemanfaatan hutan kemasyarakat (IUPHKM) sejumlah kelompok tani di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Kami mendesak Ibu Siti Nurbaya segera membekukan dan mencabut IUPHKM 5 kelompok tani di Kabupaten Langkat," ujar Kordinator Aksi LP-LHK, Melly Saragi dalam aksinya.

Lima kelompok tani yang dimaksud adalah Kelompok Tani Sumber Makmur, Kelompok Tani Mangrove Sumber Tani Jaya, Kelompok Tani Sabar Subur, Kelompok Tani Hutan Mangrove Lestari, dan Kelompok Tani Hutan Mandiri. Lima kelompok tersebut diduga menyelewengkan izin dari Kementerian LHK.

"Mereka sama sekali tidak mengelola hutan sesuai izin Kementerian LHK, namun justru mencuri hasil sawit yang sudah digarap oleh masyarakat," tegasnya.

Selain itu, mereka juga menduga ada indikasi jual beli lahan hutan di Tangkahan Kabupaten Langkat oleh oknum LSM/NGO. Oleh karenanya, massa mendesak aparat hukum turun tangan mengusut dugaan tersebut.

"Tangkap dan periksa seluruh perusahaan yang diduga melakukan kegiatan di luar HGU yang masuk wilayah hutan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA