Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Gelar Unjuk Rasa, Forum Mahasiswa Papua Desak RUU DOB Papua Segera Disahkan

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 23 Juni 2022, 16:13 WIB
Gelar Unjuk Rasa, Forum Mahasiswa Papua Desak RUU DOB Papua Segera Disahkan
Forum Mahasiswa Papua menggelar unjuk rasa menuntut pengesahan RUU Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua/Ist
Aksi unjuk rasa dilakukan sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Papua di Kawasan Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (23/6). Dalam aksinya, mereka mendesak pemerintah dan DPR RI untuk mengesahkan RUU Daerah Otonomi Baru (DOB).

Koordinator aksi, Charles Kossay mengatakan, pengesahan RUU DOB penting segera disahkan agar masyarakat Papua dapat merasakan kesejahteraan seperti provinsi lain di Indonesia.

“Pemekaran DOB akan meletakkan kesejahteraan tanah Papua dan OAP (orang asli Papua) sejajar dengan saudara-saudaranya di provinsi lain,” tegas Charles.

Melalui pemekaran, kata dia, jalur logistik di Tanah Papua yang secara geografis penuh tantangan alam bisa diperpendek. Imbasnya, pemenuhan logistik pun dapat dilakukan dengan cepat, efektif, dan efisien.

“Pemekaran ini akan memeratakan hasil pembangunan yang selama ini praktis hanya dinikmati oleh para penduduk OAP di perkotaan, yang infrastrukturnya telah terbangun,” jelansya.

Selain itu, kebijakan pemekaran juga bisa menghapus kepentingan sempit segelintir elite. Sebab dana otonomi khusus dan dana-dana APBD lainnya akan teralokasikan secara merata ke tiga daerah otonomi baru.

“Sehingga praktik korupsi mereka semakin sempit,” ungkap Charles.

Oleh karenanya, pihaknya juga mendesak seluruh aparat penegak hukum, baik KPK, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian segera menangkap elite-elite yang diduga melakukan praktik korupsi demi kesejahteraan Papua, khususnya OAP.

“Ini sebagaimana diamanatkan oleh UU Otonomi Khusus 20/2021 dan Inpres 9/2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Tanah Papua,” tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA