Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kasus Harian Covid-19 Naik, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Jangan Panik

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 21 Juni 2022, 15:02 WIB
Kasus Harian Covid-19 Naik, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Jangan Panik
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/Net
Kasus harian Covid-19 di Indonesia tercatat kembali meningkat sejak beberapa waktu belakangan. Per Senin kemarin (20/6), kasus Covid-19 mengalami penambahan 1.180 kasus.

Penambahan kasus itu didominasi di wilayah DKI Jakarta dengan 701 kasus, Jabar 184 kasus, Banten 166 kasus, Jatim 43 kasus, Bali 37 kasus, dan Jateng 20 kasus.

Merespons peningkatan kasus ini, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil meminta masyarakat tidak panik. Pasalnya, masyarakat Indonesia sudah memiliki kekebalaan dengan capaian vaksinasi di atas 99 persen.

"Covid ini iya naik, tapi tidak terlalu dikhawatirkan. Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa rata-rata yang sudah divaksin ini memiliki kekebalan kelompok setinggi itu. Jadi akan naik tapi enggak usah khawatir," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (21/6).

Saat ini, pihaknya akan fokus memantau perkembangan di rumah sakit yang ada di Jabar jika terjadi kenaikan keterisian kamar perawatan.

"Jika di RS ada signifikansi, barulah pola treatment akan kita lakukan," ucap mantan Walikota Bandung itu.

Kang Emil menyebut, sejauh ini keterisian kamar perawatan di rumah sakit hanya mengalami sedikit kenaikan. Ia pun meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Selama okupansi di RS masih aman, kami fokus pada prokes saja. Per hari ini Pak Sekda (Setiawan Wangsaatmadja) melaporkan 0,7 persen (BOR). Kalau outdoor boleh enggak pakai masker, tapi mengatur jarak dan waspada saja," tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA