Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HIPMI Jabar Investment Festival Edukasi Pengusaha Muda segera Go Public

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 20 Juni 2022, 08:51 WIB
HIPMI Jabar Investment Festival Edukasi Pengusaha Muda segera <i>Go Public</i>
HIPMI Jabar Investment Festival/Ist
rmol news logo Program HIPMI Jabar Investment Festival yang berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jawa Barat dan Mirae Asset Sekuritas di Investor & Trader Community Center Mirae Asset Sekuritas Indonesia telah sukese digelar di Galeri Dago Bandung, Kamis (16/6).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Organizing Committee (OC) HIPMI Jabar Investment Festival, Muhammad Reza Alkhawarismi mengatakan, kegiatan tersebut menyita banyak perhatian. Oleh karenanya, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan kembali menggelar kegiatan serupa di kota lain.

"Tujuan program ini adalah membantu pengusaha di HIPMI Jabar untuk mendapatkan akses permodalan melalui IPO di pasar modal dengan memfasilitasi mereka bertemu profesi penunjang pasar modal terbaik, mulai dari underwriter, auditor, konsultan hukum dan notaris, penilai independen, dan biro administrasi efek," kata Reza dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/6).

Hal itu penting untuk membantu transformasi menjadi perusahaan besar yang lebih proper dengan go public. Selain itu agar perusahaan teredukasi bahwa permodalan tidak hanya dari perbankan, tetapi juga dari pasar modal.

Ketua Bidang 2 BPD HIPMI Jawa Barat, Fardi N. Annafi menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada Bursa Efek Indonesia yang telah membantu para pengusaha skala kecil dan menengah untuk dapat melantai di bursa.

“Saat ini ada tiga perusahaan anggota HIPMI Jabar yang serius dan bersiap melakukan IPO. Ketiganya bergerak di industri tekstil," sambungnya.

Di sisi lain, Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Barat, Surya Batara Kartika menyatakan, HIPMI dapat bertindak sebagai supply dan demand di pasar modal.

Di sisi supply, HIPMI memberikan dorongan terhadap pengusaha-pengusaha muda di Jawa Barat untuk segera IPO. Sedangkan di sisi demand, minat para pengusaha muda yaitu untuk berinvestasi dan membeli perusahaan-perusahaan yang sudah IPO pun cukup besar.

"Jadi HIPMI dapat memberikan kontribusi besar pada pasar modal di Indonesia," tegas Surya.

Saat ini, jumlah investor pasar modal, khususnya saham, di Jawa Barat mengalami pertumbuhan pesat. Selama tahun 2021, terjadi pertumbuhan sebesar 153 persen, sedangkan investor saham nasional tumbuh 103 persen.

Di Jawa Barat, dari angka 267 ribu investor naik menjadi 765 ribu investor saham. Sedangkan pada 2022, hingga Juni sudah menembus 800 ribu investor.

HIPMI Jabar Investment Festival sendiri merupakan program yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan seperti Sekolah Pasar Modal, Workshop Go Public (road to initial public offering), Private Coaching Clinic (IPO Academy), dan peresmian Galeri Investasi HIPMI Jawa Barat.

Untuk kali ini, kegiatan yang dilakukan adalah Sekolah Pasar Modal dan Workshop Go Public.  Kedua kegiatan ini diikuti lebih dari 200 peserta individu secara hybrid, baik daring maupun luring, serta diikuti 30 perusahaan yang siap dan memiliki rencana untuk IPO dalam waktu dekat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA