Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wagub DKI Optimis JaKreatiFest 2022 Genjot Ekonomi Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 17 Juni 2022, 00:24 WIB
Wagub DKI Optimis JaKreatiFest 2022 Genjot Ekonomi Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria/RMOLJakarta
rmol news logo Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menghadiri opening ceremony Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) Tahun 2022 yang diinisiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi DKI Jakarta, di Mall Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (16/6).

Melalui kegiatan ini, Pemprov DKI Jakarta optimis dapat memajukan UMKM. Sehingga berkontribusi dalam mempercepat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kota Jakarta.

"Kami meyakini perputaran roda ekonomi semakin cepat. Kami berharap kegiatan JaKreatiFest memotivasi UMKM sehingga perekonomian di Jakarta dapat terus maju," ucap Ariza dalam sambutannya.

Pendekatan kolaborasi ini dirasa sangat penting dilakukan, sebab pemulihan sektor-sektor terdampak dan penguatan berbagai sumber pertumbuhan ekonomi baru tetap perlu terus dikawal bersama-sama agar pertumbuhan ekonomi tidak hanya melaju cepat, tetapi juga berdaya saing global, inklusif dan berkelanjutan.

Ia juga meyakini bahwa perputaran roda perekonomian akan semakin cepat dan pemulihan ekonomi akan terus berlanjut seiring dengan pelonggaran kapasitas dan ruang gerak seluruh sektor ekonomi termasuk UMKM, ekonomi kreatif, dan pariwisata.

Berlanjutnya pemulihan ekonomi ini tidak terlepas dari koordinasi yang baik antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, pelaku usaha, serta seluruh stakeholders.

Kolaborasi yang direalisasikan bersama, khususnya dalam konteks UMKM sangat sejalan dengan program Jakpreneur yang dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta.

Selain itu, implementasi QRIS Jakpreneur juga menjadi salah satu inovasi dalam upaya digitalisasi transaksi UMKM, tidak terkecuali dalam hal kemudahan pemantauan perkembangan transaksi melalui dashboard QRIS Jakpreneur.

"Setidaknya ada 120 kolaborator dalam program Jakpreneur. Berbagai terobosan Pemprov DKI Jakarta, antara lain telah mendapatkan izin usaha kecil menengah sebanyak 150 ribu. Pemasaran e-order, penyediaan cost Jakpreneur dan lain sebagainya," tandasnya.

Pelaksanaan kegiatan JaKreatiFest tahun 2022 ini juga berlangsung sebagai bagian dari perayaan “Jakarta Hajatan” Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-495, bersama berbagai event yang turut mendorong geliat perekonomian, khususnya pariwisata dengan semangat “Enjoy Jakarta”.

JaKreatiFest ketiga tahun ini terdiri dari tiga bagian. Pertama pada awal Juni 2022, berupa kegitan Webinar perlindungan konsumen yang diikuti sedikitnya 500 peserta.

Kedua, hiburan selama tiga hari yang dimulai kemarin di Mall Sarinah. Ketiga, beberapa rangkaian acara lanjutan dalam rangka mendukung UMKM dan pemulihan ekonomi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA