Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tak Tunggu Cuti Habis, Ridwan Kamil Sudah Kembali Beraktivitas

LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 16 Juni 2022, 18:18 WIB
Tak Tunggu Cuti Habis, Ridwan Kamil Sudah Kembali Beraktivitas
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat memberikan pesan kepada wisudawan SMAN 3 Kota Bandung/RMOLJabar
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil telah memulai aktivitasnya sebagai kepala daerah. Padahal masa cutinya belum sepenuhnya habis.

Masa cuti Ridwan Kamil dimulai dari 9 sampai dengan 19 Juni 2022 untuk menjemput jenazah anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di Swiss. Dilanjutkan dengan memakamkan Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6).

Kendati belum banyak kegiatan, Ridwan Kamil telah mengawali aktivitasnya untuk mendampingi wisuda anak keduanya, Camillia Laetitia Azzahra, di SMAN 3 Bandung. Ridwan Kamil datang bersama istrinya, Atalia Praratya.

Dalam kesempatan itu, pria yang kerap disapa Kang Emil itu menyampaikan pesan kepada para wisudawan. Adapun pesan yang dimaksud yakni, tantangan ekonomi digital dan penyesuaian dengan perkembangan zaman.

"Ekonomi digital saat ini harus dikuasai, dulu Handpone hanya alat komunikasi. Sekarang jadi alat produksi, bisa nyari kerjaan, baca koran, dan semua itu kini harus dikuasai," kata Emil, dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (16/6).

Menurutnya, wisudawan SMAN 3 Kota Bandung bisa bersaing dengan anak muda dari negara lain. Namun, mereka harus menguasai beberapa indikator agar bisa bersaing di kancah internasional.

"Fisik harus sehat, kalau badan kuat jangan ada lagi stunting. IQ harus cerdas, ahlak, rajin minta maaf dan berbagi. Terakhir spiritual, ini juga penting," tuturnya.

Di samping itu, Emil juga sedikit memberikan kenangan dirinya saat menimba ilmu di SMAN 3 Bandung. Ia mengaku sangat aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Jejak keaktifan dirinya pun menurun kepada almarhum Eril yang juga sebagai alumni SMAN 3 Kota Bandung. Sehingga, semua kenangan tentang Eril senantiasa diingat.

"Saya alumni SMAN 3 masuk angkatan 88 lulus 90. Saya juga sama seperti Eril, pengurus OSIS, rajin ke DKM, dan saya masuk tim sepak bola Belitung Muda," ucap mantan Walikota Bandung itu.

Dijelaskan Emil, untuk mengenang Eril, ia sudah membuat tulisan puisi yang akan dipajang di makam keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung.

"Jadwal sedih sudah lewat dan Ananda Eril bukan jadi milik kami lagi tapi milik masyarakat," jelasnya.

Dengan demikian, Emil berharap perjalanan baik yang dilakukan Eril dapat menjadi pelajaran untuk para wisudawan di SMAN 3 Kota Bandung.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA