Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua Iluni UI: Hindari Labeling dan Doxing yang Bisa Mencerai Beraikan Bangsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 11 Juni 2022, 12:11 WIB
Ketua Iluni UI: Hindari <i>Labeling</i> dan <i>Doxing</i> yang Bisa Mencerai Beraikan Bangsa
Ketua Iluni UI, Andre Rahadian dalam acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, yang digelar di Gedung Nusantara 4 DPR/MPR RI/Repro
rmol news logo Persatuan dalam berbangsa dan bernegara menjadi salah satu fokus Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) yang ikut mendorong agar bisa terwujud dalam kehidupan bermasyarakat.

Ketua Iluni UI, Andre Rahadian, menyampaikan pokok-pokok pikiran gerakan "Kohesi Kebangsaan" yang dicanangkan pihaknya dalam mewujudkan persatuan bangsa dalam acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, yang digelar di Gedung Nusantara 4 DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (11/6).

"Kohesi kebangsaan adalah sebuah gerakan yang membawa pesan persatuan, bahwa dalam perbedaan tidak harus saling serang, berbeda bukan berarti tak bisa bekerjasama dalam mewujudkan cita-cita pembangunan, melakukan kerja-kerja nyata," ujar Andre.

Andre melihat, kondisi bangsa saat ini pasca kontestasi Pemilu Serentak 2019 lalu masih berbekas nyata di kehidupan sehari-hari masyarakat. Yaitu, masih terjadi pembelahan di akar rumput.

"Sudah hampir lewat 3 tahun ternyata di masyarakat masih menyisakan polarisasi. Dan hal ini juga diperkuat atau ditambah dengan pandemi selama 2 tahun juga ternyata berdampak dari geo politik yang ada di sekitar kita," tuturnya.

Maka dari itu, Iluni UI bersama-sama dengan DPR RI berupaya mengembalikan semangat persatuan Indonesia lewat gerakan Sosialisasi 4 Pilar yang dikorelasi dengan gerakan Kohesi Kebangsaan.

"Yang kita hindari adalah labeling, framing, doxing yang sekarang menjadi populer yang bisa mencerai beraikan bangsa ini. Maka upaya menjalin sinergi ini kami lakukan dengan mengadakan berbagai audiensi, termasuk hari ini," demikian Andre.

Dalam acara bertajuk "Reinvensi Ke-Indonesiaan Kita, Kepemimpinan, Keindonesiaan dan Patriotisme Dalam Indonesia Pasca Pandemi" ini turut hadir sejumlah tokoh dari unsur pimpinan lembaga pemerintahan hingga tokoh politik.

Sejumlah pimpinan lembaga yang hadir di antaranya Wakil Ketua MPR RI Ririe fraksi Partai Nasdem L. Moerdijat, Wakil Ketua MPR RI fraksi PPP Arsul Sani, Wakil Menteri Desa dan PDTT Budi Arie Setiadi.

Sementara, tokoh politik yang hadir antara lain Sekretris Jendral PAN Eddy Soeparno, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon hadir secara virtual, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin hadir secara virtual, dan Kepala Staf Presiden PKS Pipin Sopian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA