Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikomandoi Anies, Jakarta Sabet Penghargaan Inovasi Sistem Pengendalian Banjir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 10 Juni 2022, 10:38 WIB
Dikomandoi Anies, Jakarta Sabet Penghargaan Inovasi Sistem Pengendalian Banjir
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Net
rmol news logo Kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali mendapat penghargaan. Kali ini, Pemprov DKI melalui Jakarta Smart City menyabet trofi juara pertama di ajang internasional IDC Smart City Asia/Pacific Awards 2022, berkat inovasi Flood Control System atau Sistem Pengendalian Banjir.
 
Capaian ini merupakan yang kedua kalinya secara beruntun bagi Jakarta setelah pada 2021 lewat aplikasi JAKI. Kali ini, Jakarta Smart City berhasil keluar sebagai inovasi terbaik untuk public safety — Next-Generation Emergency Services melalui Sistem Pengendalian Banjir.

Menurut Kepala BLUD Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha, sistem pengendalian banjir ini dikembangkan setelah terjadi bencana banjir besar pada awal tahun 2020.

Sistem tersebut dibangun untuk perbaikan pengendalian banjir yang sebelumnya manual menjadi sistem berbasis manajemen ilmu pengetahuan. Sistem ini juga untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis data dan diseminasi informasi secara cepat dan akurat kepada masyarakat.
 
"Pengembangan sistem ini juga didukung melalui kajian ilmiah yang kami lakukan,” kata Yudhistira Nugraha diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Jumat (10/6).

Jakarta Smart City yang berada di bawah naungan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta berhasil mengatasi persaingan sengit dalam kategori Public Safety — Next-Generation Emergency Services.

Flood Control System mengungguli inovasi dari negara-negara lain, yakni ICT-based Emergency Management, Yangzhou Emergency Management Bureau, China; Three-dimensional Response and Disaster Reduction Smart-Cloud System Development in Taoyuan City, Taoyuan City Government, Taiwan.

Bushfire Modelling and Prediction, CSIRO, Australia; dan HazardHunterPH, The Department of Science and Technology — Philippine Institute of Volcanology and Seismology (DOST-PHIVOLCS), Filipina.

“Sistem pengendalian banjir ini merupakan contoh nyata yang sangat baik dalam penggunaan teknologi baru untuk membantu mengatasi permasalahan suatu kota dan meningkatkan kualitas hidup warganya,” ujar Mevira Munindra, Country Manager IDC Indonesia.

Sebelum itu, Pemprov DKI berhasil mendapat penghargaan bergengsi tingkat dunia, The 2022 WSIS Prizes, pada kategori ICT Applications: e-Science.

Melalui akun Instagram resminya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan WSIS adalah konferensi tingkat dunia tentang masyarakat informasi yang diselenggarakan International Telecommunication Union (ITU), badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk teknologi komunikasi dan informasi.

"Jakarta menjadi juara karena membawa inovasi sistem pengendalian banjir yang membantu prediksi potensi bencana sebelum terjadi, dan mengoptimalkan pengendalian ketika terjadi bencana banjir," kata Anies seperti dikutip oleh redaksi, Rabu (1/6). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA