Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JIS Diusulkan Ganti Nama Jadi Stadion MH Thamrin, Wagub DKI: Makasih atas Masukannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 10 Juni 2022, 08:59 WIB
JIS Diusulkan Ganti Nama Jadi Stadion MH Thamrin, Wagub DKI: Makasih atas Masukannya
Jakarta International Stadium diusulkan diganti namanya menjadi Stadion MH Thamrin/Ist
rmol news logo Sebuah usulan muncul dari masyarakat Jakarta terkait penamaan Jakarta International Stadium. Usulan itu adalah mengganti nama Jakarta Internasional Stadium (JIS) menjadi Stadion MH Thamrin.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengaku belum menerima tembusan soal usul penggantian nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin. Namun, a mempersilakan warganya untuk menyampaikan aspirasi, kritik, maupun saran kepada pemerintah daerah.

“Saya belum terima, makasih atas masukannya. Tentu semua masukan akan kami perhatikan,” ujar Ariza di Balai Kota DKI Jakarta yang dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Kamis (9/6).

Ariza mengatakan, seluruh warga Jakarta memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya kepada pemerintah daerah. Nantinya pemerintah akan mengkaji usulan tersebut sesuai peraturan perundang-undangan sebelum mengeluarkan keputusan.

Sebagai negara mengacu pada sistem demokratis, penyampaian pendapat merupakan hak seluruh masyarakat. Apalagi Pemprov DKI Jakarta saat mengambil kebijakan mengacu pada aturan berlaku.

“Pemprov ini dalam setiap mengambil kebijakan, Pak Gubernur dan seluruh jajaran, kami itu selain mengacu pada aturan, ketentuan, peraturan perundang-undangan, dan selalu mendengarkan pendapat aspirasi dari masyarakat,” imbuh Ariza.

Jakarta International Stadium di Jakarta Utara rencananya akan diresmikan pada Sabtu (25/6) mendatang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta mengumumkan penggantian nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin saat acara launching.

Sejarawan dari Universitas Indonesia, JJ Rizal, mengaku bersama sejumlah kalangan dari pegiat budaya Betawi telah mengajukan permohonan surat itu kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak beberapa bulan lalu. Dia berharap, ada balasan surat dari Anies terkait usulannya mengubah nama JIS.

“Kami mengajukan surat resmi kepada Gubernur untuk dapat bertemu membicarakan gagasan yang berkembang, terkait penamaan stadion dengan nama MH Thamrin dan pembuatan museum di dalamnya,” kata Rizal pada Kamis (9/6).

Menurutnya, usulan mengganti nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin sudah dilakukan sejak lama. Pada Februari 2019 lalu, Rizal bersama pihak yang mendukung penggantian nama telah menggelar Festival 125 tahun MH Thamrin di Lapangan VIJ yang zaman dahulu dibuat Thamrin.

“Acara dibuka oleh Gubernur Anies Baswedan. Bahkan Gubernur bersama jajarannya ikut dalam pertandingan sepak bola persahabatan setelah pembukaan dilakukannya,” demikian Rizal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA