Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gubernur Lemhanas Harap Sense of Crisis Ditingkatkan Hadapi Krisis Pangan

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 08 Juni 2022, 19:14 WIB
Gubernur Lemhanas Harap Sense of Crisis Ditingkatkan Hadapi Krisis Pangan
Diskusi yang dihadiri Gubernur Lemhanas di Nasdem Tower/RMOL
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto menuturkan bahwa pengelolaan ketahanan nasional mendapatkan ujian berat pada saat ada krisis.

Hal itu disampaikan Andi dalam acara diskusi “Bagaimana Pengaruh Geopolitik dan Geostrategi Dunia Terhadap Pangan Nasional?” di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (8/6).

"Kita sekarang belum menuju krisis pangan. Kalau kita belajar dari pengelolaan krisis, yang pertama masalah terbesar pada saat kita bersiap-siap untuk menghadapi krisis adalah kita tidak sadar kita menuju krisis. Masalah terbesar pada saat kita pengelolaan krisis adalah kita tidak sadar kita sedang krisis,” beber Andi.

Dia menambahkan Presiden Joko Widodo sering mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan sense of crisis, sehingga seluruh masyarakat memiliki sensitivitas terhadap krisis ketika seluruh indikator yang ada mulai muncul.

"Pada saat kita bergerak ke arah krisis tonenya, moodnya itu sudah survival. Kalau tone survival yang dibutuhkan terobosan, langkah cepat, berpikir jangan pendek,” ujar Andi mengingatkan.

Oleh karenanya ia berharap seluruh masyarakat mampu meningkatkan rasa krisis yang besar untuk bisa menjaga ketahanan pangan ke depan.

"Sekarang sense of crisisnya yang ditingkatkan ya berharap kita tidak masuk dari kerawanan berubah menjadi krisis, tapi berharap kalaupun itu harus terjadi ketahanan nasional kita cukup kuat bukan hanya kita survive tapi kita juga sustain lalu menuju negara yang lebih kuat,” tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA