Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Pemerataan Vaksinasi, BIN Tempuh Medan Berat untuk Vaksinasi di Pulau Terluar Belitung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 03 Juni 2022, 23:46 WIB
Demi Pemerataan Vaksinasi, BIN Tempuh Medan Berat untuk Vaksinasi di Pulau Terluar Belitung
Kegiatan vaksinasi Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Bangka Belitung/Ist
rmol news logo Tim Vaksinasi Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Bangka Belitung (Babel) harus menempuh perjalanan laut dan darat hingga hampir enam jam untuk mencapai Pulau Sumedang, lokasi kegiatan vaksinasi Covid-19.

Pulau Sumedang merupakan pulau terluar dari Provinsi Bangka Belitung (Babel). Perjalanan ke pulai ini, kata Kepala Binda Babel Imam Santoso, sebagai komitmen untuk pemerataan vaksinasi di seluruh negeri.

"Tim dari BIN Daerah Babel serta pemda harus menunggu air pasang untuk bisa ke Pulau Sumedang. Dan sesampainya di sana, kita harus memilih lokasi yang memadai secara fasilitas listrik dan jaringan internet agar pendataan peserta tetap bisa dilakukan online," kata Imam dalam keterangannya, Jumat (3/6).

"Akhirnya kita menggelar kegiatan vaksinasi di Teluk Gembira," imbuhnya.

Dikatakan Imam, upaya menjangkau lokasi 4T atau wilayah terjauh, terdalam, terpencil, dan terluar, merupakan konsekuensi yang harus diambil oleh BIN demi pemerataan kekebalan komunal masyarakat.

"Meski medan sangat menantang, kita akan terus menggencarkan vaksinasi dan tuntaskan hingga dosis booster," terangnya.

Capaian dosis booster di Babel memang perlu digenjot karena masih berada di angka 19,32 persen, terpaut jauh dibandingkan dengan capaian dosis pertama sekitar 96,83 persen dan kedua 82,19 persen.

Dengan sinergi semua stakeholder terkait, terutama Pemda dan Dinas Kesehatan, dia yakin semua target itu dapat dicapai.

"Seberat apapun medan yang harus ditempuh, InsyaAllah bisa kita capai. Ini karena kita memang berkomitmen menjemput bola bagi masyarakat di wilayah 4T. Kebetulan geografi Provinsi Babel memang banyak memiliki wilayah seperti ini," jelasnya.

Imam menambahkan, akselerasi vaksinasi ini juga untuk menjamin imunitas masyarakat mengingat Babel menjadi salah satu bagian wilayah yang akan menjadi lokasi rangkaian kegiatan Presidensi G20.

“Selain itu, Kabupaten Belitung telah dipilih menjadi tempat side event Presidensi G20 pada September mendatang sehingga kita juga bertekad dapat memenuhi standard kesehatan untuk perhelatan berskala internasional melalui kegiatan vaksinasi Covid-19,” katanya.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk menuntaskan program vaksinasi Covid-19 guna memperkuat kekebalan komunal di daerah Babel.

“Masyarakat agar menuntaskan program vaksinasi Covid-19 dengan mengikuti pemberian dosis lanjutan atau booster,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA