Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DK PWI: Jangan Bawa Persoalan Internal Organisasi ke Meja Hukum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 03 Juni 2022, 11:35 WIB
DK PWI: Jangan Bawa Persoalan Internal Organisasi ke Meja Hukum
Silaturahmi dan halal bihalal pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat/Ist
rmol news logo Persoalan yang terjadi di internal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tidak perlu dibawa ke ranah hukum. Segala hal yang menyangkut keanggotaan perlu diselesaikan di internal karena sudah memiliki Dewan Penasihat, Dewan Kehormatan PWI Pusat, dan Dewan Pers.  

"Tidak elok dan tidak semestinya persoalan internal organisasi dibawa ke ranah hukum," kata Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Ilham Bintang dalam silaturahmi dan halal bihalal pengurus di Kantor PWI, Gedung Dewan Pers, Jumat (3/6).

DK PWI juga meminta kepada pihak kepolisian menolak pengaduan berkaitan dengan persoalan internal organisasi. Jika ada aduan serupa, maka kepolisian dianjurkan mengarahkan aduan kepada Dewan penasihat, DK, maupun Dewan Pers.  

Dalam kesempatan tersebut, Ilham Bintang menyoroti maraknya konflik internal organisasi yang berujung pada saling mengadu di kepolisian. Menurutnya, cara-cara semacam itu jelas ahistoris.

Sejak berdiri 1946 lalu, PWI selalu mengupayakan sengketa internal, termasuk mengenai berita dengan menempuh mekanisme yang diatur oleh UU Pers, yaitu diselesaikan oleh Dewan Pers.

DK PWI mengaku tidak akan mencegah pihak-pihak atau pribadi yang merasa harga dirinya terganggu untuk mengadu ke kepolisian, dengan catatan tidak mengatasnamakan organisasi.

"Apalagi menyeret organisasi PWI terlibat dalam sengketa hukum. "Pelanggaran terhadap hal itu akan mendapatkan sanksi sesuai aturan organisasi," tegas Ilham Bintang.

Di sisi lain, DK PWI prihatin atas peristiwa penyegelan Gedung PWI Sulsel di Makassar oleh Satpol PP dua pekan lalu. DK sudah meminta pengurus harian untuk menyelesaikan masalah Kantor PWI dan tetap mengupayakan untuk dipertahankan status dan fungsinya seperti semula.

"Saya menduga ini hanya kesalahpahaman saja" demikian Ilham Bintang.

Silaturahmi dan halal bihalal dihadiri Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari dan jajaran pengurus. Acara tersebut juga sekaligus mengumumkan pengangkatan Fachry Muhammad sebagai Ketua Dewan Penasihat yang baru menggantikan almarhum Margiono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA