Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Keutuhan Bangsa, Walkot Serang Ajak Masyarakat Implementasikan Nilai-nilai Pancasila

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 02 Juni 2022, 00:42 WIB
Jaga Keutuhan Bangsa, Walkot Serang Ajak Masyarakat Implementasikan Nilai-nilai Pancasila
Walikota Serang Syafrudin saat mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara daring/RMOLBanten
rmol news logo Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia merupakan pemersatu bangsa. Tidak mengenal ras, tidak melihat suku, menjadikan Pancasila sebagai dasar untuk masyarakat Indonesia.

Demikian disampaikan Walikota Serang, Syafrudin, di sela-sela mengikuti prosesi upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan secara virtual, di Bale Sandimaya Diskominfo Kota Serang, Rabu (1/6).

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam kesempatan itu memimpin langsung upacara dari Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pemilihan Ende karena merupakan tempat dirumuskan dan tempat dirancangnya Pancasila sebagai dasar negara.

Dalam kesempatan ini Walikota Syafrudin menyampaikan, pada hari lahir Pancasila, tentunya Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia, dan juga sebagai pemersatu bangsa tidak mengenal ras, tidak melihat suku menjadikan Pancasila sebagai dasar untuk masyarakat Indonesia.

"Intinya hari lahir Pancasila ini diperingati dalam rangka untuk bisa diimplementasikan sebagai pemersatu bangsa" ujar Syafrudin, dikutip Kantor Berita RMOLBanten.

Syafrudin menambahkan, Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai pedoman bagi masyarakat Indonesia, bertujuan agar persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia tidak terputus hanya karena jarak yang berjauhan, ras yang berbeda, dan suku yang beragam.

"Pancasila itu kan sebagai dasar negara, sebagai dasar masyarakat seluruh Indonesia. Di Kota Serang juga sama, ini sebagai pedoman seluruh masyarakat, karena kalau tidak ada Pancasila, kesatuan dan kesatuan bangsa terutama Kota Serang ini tidak akan ada patokan atau pegangan yang bisa mengakibatkan perpecahan tentunya," terangnya.

Selain itu, Syafrudin juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

"Agar tidak terpecah belah dan hidup rukun dalam kesatuan bangsa yang berdaya dan berbudaya," demikian Syafrudin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA