Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Temu Nasional ke-XIII, A Faruuq Terpilih Jadi Koordinator Pusat BEM Nusantara

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 29 Mei 2022, 20:12 WIB
Temu Nasional ke-XIII, A Faruuq Terpilih Jadi Koordinator Pusat BEM Nusantara
Temu Nasional ke-XIII BEM Nusantara menetapkan A Faruuq menjadi Koordinator Pusat/ist
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara menggelar temu nasional ke-XIII selama seminggu penuh dari mulai 20 sampai 26 Mei 2022. Rangkaian pertemuan ini digelar di Hall Room Universitas Serang Raya (Unsera), Banten.

“Temu Nasional XIII ini agenda tahunan sebagai wadah penyatuan persepsi arah gerak dan regenerasi BEM Nusantara," kata Steering Committee Temu Nasional XIII, Aldy Ibura dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/5).

pembukaan temu nasinal dibuka langsung oleh Rektor Unsera dan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Serang. Di Hari kedua, digelar sidang pleno dipimpin oleh presidium sementara yang diwakili 3 orang Steering Committee. Pembahasan pleno hari pertama dibuka dengan penetapan agenda acara dan presidium tetap.

Hari ketiga, sidang pleno dimulai dengan pembahasan tata tertib yang dipimpin oleh presidium tetap, yaitu Aqyas Sholeh dari UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai presidium satu, Jihad Nahumarury dari Universitas Darussalam Maluku sebagai presidium dua, dan Yusril dari IBI Kosgoro 1957 sebagai presidium tiga.

Sidang pleno berjalan dengan tempo cukup alot karena banyak dari peserta bersinggungan pendapat. Di hari keempat, digelar sidang komisi internal dan eksternal.

“Isu yang menjadi pembahasan internal dan eksternal. Pembahasan ini dilakukan dengan tujuan evaluasi dan merumuskan pilot progres BEM Nusantara kedepan” terang presidium satu, Aqyas Sholeh.

Di hari kelima, sidang digelar dengan pembahasan Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) yang menjadi pondasi BEM Nusantara dalam bergerak. Pembahasan GBHK berlangsung dari sore hari hingga pukul 11 malam, hingga tercapainya kesepakatan dalam forum.

Agenda pemilihan Koordinator Pusat turut dilangsungkan sebagai salah satu acara inti. Setidaknya, 4 kandidat calon koordinator pusat (Cakorpus), yaitu A Faruuq dari Jawa Timur, Malik Fajar Ramadhan dari Jawa Barat, Ega Setiawan dari Banten, dan Hasir dari Sulawesi Tenggara.

Hasilnya, A Faruuq terpilih sebagai Koordinator Pusat BEM Nusantara periode 2022/2023. Acara diakhiri dengan pembacaan konsideran diikuti penetapan Korda, Koordinator Nusantara/Pulau (Kornus) masing-masing wilayah dan ditutup dengan penetapan Koordinator Pusat terpilih.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA