Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Social Volunteering UMB: Semua Bisa Jadi Jurnalis, Asal...

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 29 Mei 2022, 13:41 WIB
Social Volunteering UMB: Semua Bisa Jadi Jurnalis, Asal...
Social Volunteering Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana/Ist
rmol news logo Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi digital membuat setiap orang bisa menjadi penyaji berita. Perkembangan teknologi ini pula yang menjadi tantangan tersendiri bagi wartawan dalam menyajikan informasi secara bertanggung jawab dan mencerahkan.

Demikian salah satu pokok pembahasan dalam kegiatan Social Volunteering Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana yang diselenggarakan di Kecamatan Mauk, Tangerang, Sabtu (28/5).

Direktur Akademik dan Kemahasiswaan UMB, Rizki Briandana mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, di mana dosen dan mahasiswa memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk membangun sinergitas.

Sementara itu, dosen pendamping Achmad Jamil menuturkan, semua orang bisa menjadi wartawan atau reporter yang diberdayakan dengan berbagai kanal komunikasi yang tersedia.

Namun demikian, perkembangan itu pula memunculkan potensi penyebaran informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Oleh karena itu, saya berpesan agar hidup menjadi lebih indah dan mempunyai makna, gadget yang anda pegang harus digunakan secara bijak. Tidak hanya berkaitan hak milik, namun terkait konten yang disebarkan," kata Achmad Jamil.

Di sisi lain, Ketua Panitia kegiatan Social Volunteering UMB, Rina Rahmadani menyebut sasaran kegiatan tersebut adalah literasi. Panitia menjadikan target audiens pemuda, sekolah, pesantren, UMKM dan pemberdayaan perempuan sebagai cara meningkatkan pemahaman tentang banyak hal.

Kegiatan juga diisi dengan kemampuan berbicara di muka umum (public speaking) hingga kemampuan mengelola organisasi, termasuk menggunakan dunia maya atau internet sebagai cara promosi dan publikasi berbagai kegiatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA