Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sambangi Yang Dipertua Negeri Melaka, Gubernur Riau Bahas Proyek RoRo dan Jembatan Malaka-Dumai

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 29 Mei 2022, 12:21 WIB
Sambangi Yang Dipertua Negeri Melaka, Gubernur Riau Bahas Proyek RoRo dan Jembatan Malaka-Dumai
Gubernur Riau, Syamsuar dan Yang Dipertua Negeri Melaka, Tun Dato Seri Utama H Mohd. Ali Mohd. Rustam/Ist
Rencana pembangunan RoRo Dumai-Melaka dibahas serius dalam pertemuan Gubernur Riau, Syamsuar dengan Yang Dipertua Negeri Melaka, Tun Dato Seri Utama H Mohd. Ali Mohd. Rustam, di Istana Negeri Melaka Malaysia, Sabtu (28/5).

Adapun rencana pembangunan kapal RoRo ini sejatinya sudah dibahas sejak lama oleh Indonesia dan Malaysia.

"Semuanya membincangkan tentang pembangunan RoRo Dumai-Melaka," kata Gubernur Riau, Syamsuar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/5).

Namun demikian, pembahasan sempat terhenti lantaran adanya pandemi Covid-19. Dikatakan Syamsuar, pembahasan terakhir terjadi pada tahun 2020 secara virtual yang dipimpin oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan beberapa menteri, termasuk Kementerian Perhubungan RI.

"Saat ini kami berkesempatan berkunjung ke Malaysia membincangkan dengan beberapa menteri, termasuk Mendagri Malaysia ikut menyampaikan masalah ini dan disampaikan kepada Perdana Menteri Malaysia," papar Syamsuar.

Pemerintah Indonesia sendiri tetap melanjutkan program tersebut sebagaimana tindak lanjut dari pelaksanaan konferensi IMT GT yang dilaksanakan di Bangkok beberapa waktu lalu.

"Pada saat konferensi IMT GT itu, kebetulan saya ikut delegasi Pak Presiden. Jadi artinya saya mendengar sendiri apa perencanaan antara Indonesi dengan Perdana Menteri Thailand dan Malaysia," ulas Syamsuar.

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Perhubungan dan Pemerintah Daerah (Pemda) tetap mempersiapkan langkah-langkah pembangun RoRo Dumai-Melaka ini.

Apalagi, pemerintah telah menunjuk Riau sebagai pusat perdagangan yang ada di wilayah Sumatera.

"Jadi Riau ditunjuk sebagai pemasar komoditi dari berbagai ekspor yang bisa dikirim ke negeri Malaysia dan Thailand. Untuk hubungan sosial budaya jelas, apalagi kita ini satu rumpun, tentu banyak kemajuanlah," jelasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya sangat mendukung pembangunan ini untuk kemajuan Indonesia dan juga Malaysia.

"Apalagi dari segi ekonomi kita punya komoditi yang dapat dipasarkan ke Malaysia dan Malaysia juga bisa memasarkan komoditi dari Malaysia ke Indonesia melalui Roro Dumai Melaka yang kita harapkan ke depan seperti itu," imbuh Syamsuar.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA