Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Gempa Timor Leste, BNPB Belum Temukan Kerusakan di Maluku Barat Daya

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 27 Mei 2022, 15:41 WIB
Gempa Timor Leste, BNPB Belum Temukan Kerusakan di Maluku Barat Daya
Ilustrasi/Net
Gempa bumi magnitudo 6,5 yang mengguncang Timor Leste, dan berjarak 85 kilo meter dari Maluku Barat Daya, belum ditemukan dampak kerusakan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menjelaskan, genpa yang terjadi di laut dengan kedalaman 104 km itu sempat  dirasakan selama beberapa detik oleh masyarakat Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Barat Daya melaporkan masyarakat sempat panik, berlari keluar rumah dan perkantoran saat gempa terjadi," terang Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/5).

Berdasarkan hasil monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa yang diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) menunjukkan III-IV MMI di wilayah Tiakur, Kisar dan Alor.

"Itu artinya dirasakan oleh orang banyak, gerabah pecah, dan dinding berderik. Kemudian II MMI di wilayah Kupang," jelasnya.

Sementara berdasarkan kajian inaRISK, Kabupaten Maluku Barat Daya termasuk wilayah dengan potensi bahaya gempa kategori sedang hingga tinggi.

Tercatat sebanyak 17 kecamatan di kabupaten ini memiliki potensi bahaya tersebut dengan total luas bahaya 429.621 hektar. Selain gempa, wilayah Maluku Barat Daya juga berpotensi bahaya tsunami dengan kategori sedang hingga tinggi.

"Sejauh ini belum ada laporan korban maupun kerusakan, namun petugas masih melakukan monitoring dan mengimbau masyarakat tetap siap siaga jika terjadi gempa susulan," tandas Abdul Muhari.

ARTIKEL LAINNYA